Kawasan Sabilal Bakal Satu Jalur

Posted: January 8, 2011 in Berita

BANJARMASIN, BPOST-Perhatian bagi warga kota Banjarmasin, Rabu (15/12) hari ini sekitar pukul 13.00 Wita jajaran Kepolisian lalulintas bakal melakukan uji coba perubahan arus lalulintas di kawasan Masjid raya Sabilal Muhtadien Banjarmasin.

Sesuai rencana, seluruh jalur yang mengelilingi masjid kebanggan urang banua itu bakal diberlakukan satu arah yakni searah jarum jam. Antara lain, kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Merdeka, R Soeprapto hingga jalan AS Musyafa Banjarmasin.

Perubahan arus lalulintas tersebut, untuk mengurangi kawasan yang macet khususnya pagi hari saat jam masuk kerja, waktu istirahat maupun jam pulang kerja. Semua kendaraan yang melintas bakal mengikuti jalur tersebut.

“Besok (hari ini,Red) bakal dilakukan uji coba dulu. Karena kawasan itu merupakan pertemuan semua jalur lalulintas yang rawan menimbulkan kemacetan,” terang Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, I Kade Utama Sik.

Makanya, pelaksanaan ujia coba tersebut juga mengambil waktu saat jam padat arus kendaraan. Dengan begitu, akan menjadi bahan pertimbangan petugas untuk memutuskan kebijakan perubahan arus tersebut.

Sesuai rencana, semua jalur di Jalan Jenderal Sudirman yang selama ini dua arah bakal berubah menjadi satu arah. Kemudian mengarah ke Jalan Merdeka hingga tembus Jalan R Soeprapto dan Jalan AS Musyafa.

Semua kendaraan dari arah Jalan Sutoyo S Banjarmasin, tidak boleh lagi belok ke kanan. Melainkan harus belok ke kiri hingga tembus Jalan AS Musyafa Banjarmasin. Hal itu berlaku bagi semua jenis kendaraan, termasuk angkutan barang.

“Dari hasil rekayasa itu aka nada masukan dan pertimbangan. Apakah aman dilalui semuan kendaraan apa tidak, karena ada sejumlah belokan yang cukup tajam,” terangnya.

Ditanya soal adanya kemacetan saat pelaksanaan uji coba tersebut, menurut Kade hal itu bakal menjadi masukan. Karena yang mengikuti uji coba tersebut berasal dari semua unsure lalulintas, baik Polda Kalsel, dinas perhubungan maupun dinas tata kota.

“Pas uji coba itu akan kelihatan, apakah menimbulkan kemacetan atau arus lalulintas bakal lancar,” cetusnya.

Dalam pelaksanaan uji coba yang bnakal digelar selama satu jam itu, diharapkan masyarakat mengikuti aturan tersebut. Sejumlah petugas bakal ditempatkan di semua persimpangan, agar mengetahui adanya uji coba tersebut.

“Jangan khawatir, nanti ada petugas yang memantau dan mengarahkan. Petugas akan melihat sejauh mana uji coba itu sebelum ditetapkan menjadi keputusan,” tandas mantan Kapolsekta Banjarmasin Tengah itu.***

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s