Polresta Lawan Usul Sekdaprov

Posted: January 8, 2011 in Berita

– Stock gula di gudang masih ada

BANJARMASIN, BPOST-Tudingan Sekdaprov Kalsel HM Muchlis Gafuri terkait ‘penahanan’ gula yang dilakukan Reskrim Polresta Banjarmasin, tidak menyurutkan semangat petugas untuk mengusut dugaan penyimpangan gula sebanyak 3.750 ton tersebut.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Hilman Thayib menegaskan, pihaknya tetap bersikukuh pada pendiriannya. Bahwa gula rafinasi yang didatangkan dari distributor Makasar Te’ne itu menyalahi aturan.

“Pokoknya tetap kami usut hingga tuntas, karena itu menyalahi aturan. Biar orang lain menilai apa, yang jelas petugas bertindak atas dasar peraturan,” tegasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya tetap mengamankan gula yang disimpan dalam 150 peti kemas itu. Karena tidak sesuai dengan peraturan perdagangan antar pulau.

Meskipun hingga kini pihaknya belum menentukan tersangka dalam kasus itu. Karena petugas masih mengumpulkan keterangan dari sejumlah distributor gula yang ada di banua ini.

“Penyidik masih bekerja untuk mengumpulkan bukti dan keterangan. Kalau sudah lengkap pasti akan diketahui siapa yang harus bertanggung jawab,” tandasnya.

Orang nomor satu di lingkungan Mapolresta Banjarmasin itu, juga menampik jika terjadi kelangkaan gula di tingkat pasar. Menurutnya di Kalsel ini terdapat 10 distributor yang terus beroperasi.

Bahkan, dia menduga ada pihak-pihak yang memanfaatkan situasi tersebut untuk mencari keuntungan secara pribadi dengan menyalahkan petugas yang mengambil sikap menahan gula tersebut.

“Disini akan sekitar 10 distributor. Kalau yang pengirimannya dihentikan satu distributor saja, otomatis yang lain tetap bisa berjalan,” terangnya.

Informasi yang berhasil dihimpun BPost, keberadaan stok gula disejumlah gudang milik distributor di kota Banjarmasin masih cukup banyak.

Dari beberapa distributor yang ada, hanya gudang milik Aftahudin yang kosong. Sehingga yang bersangkutan, Rabu (24/11) sore meminta pasokan gula sebanyak 2 truk dari salah satu distributor yang memiliki gudang di kawasan Lingkar Selatan.

Harga gula pasir di tingkat pasar masih bertahan Rp 12 ribu. Harga tersebut, terjadi sejak awal pekan kemarin atau dua hari sejak petugas mengamankan ribuan gula yang diangkut kapal GUHI MAS MV yang bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s