Target Januari Satu Arah Dimulai

Posted: January 8, 2011 in Berita

– Terkait perubahan jalur satu ara

– Masih menunggu pembuatan rambu-rambu

BANJARMASIN, BPOST-Program rekayasa lalulintas Polresta Banjarmasin, yang merubah jalur lalulintas yang mengintari Masjid Sabilal Muhtadin dari dua arah menjadi satu arah kian mendekati kenyataan. Ditargetkan awal Januri 2011 sudah terlaksana.

 

Apalagi saat ini, petugas sedang membuat rambu-rambu lalulintas sebagai panduan perubahan arus tersebut. Diharapkan, selesai pembuatan tanda petunjuk tersebut perubahan itu langsung dilaksanakan.

“Kita berharap Januari sudah bisa dilaksanakan. Pokoknya, pembuatan rambu-rambu selesai, ya langsung pelaksanaan,” kata Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, AKP I Kade Utama Sik.

Apalagi dalam uji coba pertama yang digelar siang hari saat jam padat pengendara, hasilnya cukup bagus. Sejumlah titik rawan macet, dengan perubahan tersebut tidak ditemukan lagi. Meskipun, para pengendara banyak yang kebingungan.

Sesuai jadwal, Rabu (29/12) hari ini mulai pukul 07.00 Wita saat warga berangkat kerja, Sat Lantas Polresta Banjarmasin dan Dishub Kota Banjarmasin kembali melakukan uji coba yang kedua kalinya.

“Besok (hari ini) akan uji coba lagi, saat jam padat pengendara pagi. Ada perbedaan apa tidak dengan uji coba jam padat siang hari,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, perubahan jalur tersebut semata-mata untuk mengurangi titik kemacetan arus lalulintas di kota Banjarmasin. Sekaligus, untuk melakukan penataan jalur dengan harapan kondisi kota biar terlihat jelas.

Meskipun dengan perubahan jalur tersebut menimbulkan berbagai dampak, seperti jalur bertambah jauh maupun pembongkaran sejumlah pulau jalan.

Karena jika pulau jalan tersebut tetap dipertahankan, maka akan mengganggu para pengendara. Mengingat, volume jalan di kota ini tergolong sempit.

“Dampaknya jelas ada. Tapi semangat perubahan jalur tersebut, untuk mengurangi kemacetan lalulintas dan kenyamanan pengendara,” terang Kade.

Masyarakatpun memberikan penilaian beragam terkait rencana perubahan jalur tersebut. Bagi pengendara menyambut baik, meskipun sedikit jauh tapi bisa memacu kendaraannya dengan kencang.

“Memang agak memutar yang otomatis jadi lebih jauh. Tapi kan kendaraan bisa cepat, tidak sebentar-sebentar berhenti seperti sekarang ini,” tukas salah seorang warga, Nuraidi.

Berbeda dengan sejumlah sopir truk dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Menurutnya, dengan perubahan jalur tersebut banyak ditemui titik-titik rawan. Yakni belokan tajam, seperti di Jalan AS Musyafa tembus Jalan Jenderal Sudirman tersebut.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s