Tiga Kali Lagi Uji Coba

Posted: January 8, 2011 in Berita

– Terkait perubahan arus lalulintas

BANJARMASIN, BPOST-Rencana perubahan arus lalulintas menjadi satu arah yang mengintari Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin semakin serius. Bahkan polisi akan melakukan tiga kali uji coba sebelum menetapkan kawasan tersebut sebagai wilayah satu jalur.

Hal itu dikatakan Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, AKP I Kade Utama Sik. Menurutnya, semangat perubahan arus lalulintas itu untuk menekan jumlah ruas jalan yang macet khususnya saat jam sibuk.

“Tujuan kami untuk mengurangi kemacetan lalulintas, meskipun dalam pelaksanaannya ada pihak yang terugikan dan yang diuntungkan,” terangnya.

Karena, jumlah peredaran kendaraan di kota Banjarmasin ini kian waktu terus bertambah. Sementara, ruas jalan tidak ada perkembangan sedikitpun.

Dari hasil evaluasi uji coba pertama yang dilakukan jajarannya saat jam padat, sudah terasa hasilnya. Kawasan yang rawan kemacetan, saat diubah menjadi satu arah tidak lagi ditemukan kemacetan.

“Disisi lain memang agak jauh, tapi tidak macet. Dari pada dekat tapi sering macet, kan hasilnya kurang lebih saja,” urainya.

Kawasan yang sering menimbulkan kemacetan arus lalintas diantaranya di Jalan Haryono MT Banjarmasin. Bundaran kecil di kawasan itu sering bikin macet, karena para pengendara berpapasan.

Kemudian di Jalan Sutoyo S atau tepatnya di bundaran tugu KB. Antara yang mau keluar jalan Sutoyo S maupun yang masuk, terpaksa berpapasan dengan warga baik dari arah S Parman maupun Jalan R Soeprapto.

Begitu juga di bundaran Jalan Taman Sari dan AS Musyafa Banjarmasin, jembatan dekat SPBU Sabilal Muhtadin dan jembatan Merdeka.

Kawasan itu selain sempit, juga posisi untuk beberapa jalur sangat menyulitkan. Selain belokan yang membuat kemiringn kendaraan sangat tajam, juga tanjakan yang mengharuskan kendaraan memacu gasnya lebih kencang.

Masih menurut Kade, sayangnya dia belum bisa memastikan kapan pengesahan perubahan arus tersebut. Karena masih menunggu hasil uji coba sebanyak tiga kali lagi.

“Ya tunggu dulu uji coba berikutnya. Kalau hasil evaluasinya bagus seperti yang pertaman, ya dalam waktu cepat akan diputuskan untuk diberlakukan,” tandasnya.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s