Banjarmasin Potensi Peredaran Narkoba

Posted: January 9, 2011 in Sosial

BANJARMASIN, BPOST-Letak geografis kota Banjarmasin yang cukup strategis, tidak hanya berdampak pada geliatnya perekonomian saja. Tapi, juga membuat potensi peredaran narkoba di kota seribu sungai ini cukup tinggi.

Berdasarkan catatan Sat Narkoba Polresta Banjarmasin, terjadi peningkatan yang cukup signifikan peredaran barang haram tersebut khususnya jenis sabu dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun 2010, berhasil mengamankan 841,8 gram dan tahun 2009 sebesar 412,76 gram.

“Selain kota berkembang, Banjarmasin ini strategis. Secara otomatis memiliki dampak negatif dari perkembangan tersebut,” kata Kasat Narkoba Polresta Banjarmasin, Kompol Christian Rony Sik, Jumat (31/12) siang.

Padahal, dari jumlah tersangka justru mengalami penurunan. Karena tahun 2009 sebanyak 473 orang dan tahun 2010 ini sebanyak 376 orang tersangka. Artinya, ada peredaran narkoba yang cukup banyak di daerah ini, setingkat bandar gede.

Hal itu terbukti saat jajarannya berhasil menggagalkan peredaran sabu sebesar 6 ons dari dua kali penangkapan. Artinya, ada orang-orang kepercayaan bandar untuk mengedarkan barang haram tersebut.

“Yang paling mengejutkan saat anggota berhasil mengungkap 6 ons sabu,” tegasnya.

Bahkan, Christian juga mensinyalir adanya modus baru peredaran narkoba di kota Banjarmasin ini seperti di kota-kota besar lainnya. Menuntut jajarannya semakin jeli dalam melakukan pengungukapan bisnis haram itu.

Diapun berharap, partisipasi dan kepedulian masyarakat untuk memberikan informasi kepada petugas terus ditingkan. Karena, selain dari hasil penyelidikan dan target operasi petugas, hasil penangkapan tersebut juga informasi masyarakat.

Termasuk para orangtua untuk mewaspadai buah hatinya. Karena peredaran narkoba tersebut, sudah tidak mengenal usia lagi karena sudah mengarah ke anak-anak sekolah.

Selain menggagalkan sabu, tahun 2010 ini jajaranya juga menggagalkan extacy sebanyak 348 butir. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 907 butir serta obat yang masuk dalam daftar obat keras sebanyak 13.703 butir, meningkat dari sebelumnya yang mencapai 8.727 butir.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s