Hanya Selamatkan Foto Guru Sekumpul

Posted: January 9, 2011 in Berita

– Rumah Jhon Tralala terbakar

– Kantor TIKI  ludes terbakar

BANJARMASIN, BPOST-Rumah seniwan Banjar, Yusran Effendi alias Jhon Tralala (51) yang berada di Jalan Gatot Subroto kompleks Kelapa Gading RT36 nomor 2 dilalap si jago merah, Minggu (19/12) sekitar pukul 14.15 Wita.

Api yang diduga berasal dari kantor agen utama titipan kilat (TIKI) itu, dengan cepat menjalar ke rumah seniman madihin (kesenian khas banjar) tersebut.

Amukan setan merah itu langsung menggegerkan warga sekitar yang tengah menikmati istirahat siang. Termasuk Jhon Trala sendiri, yang saat itu sedang terlelap tidur.

Mendengar teriakan warga, dan raungan sirine kendaraan BPK yang mulai berdatangan, dia yang terlelap tidur siang langsung lari keluar rumah sambil berusaha menyelamatkan barang-barang berharga.

“Saya terkejut ada orang teriak ada api. Makanya saya langsung lari dan membawa televisi, tidak tahunya malah jatuh di halaman,” ujarnya.

Di tengah guyuran air semprotan petugas barisan pemadam kebakaran (BPK) yang berusaha menjinakan kobaran api yang mulai menjilati rumahnya, dengan basah kuyup dia berlarian membawa foto KH Zaini Abdul Ghani atau yang biasa disapa Guru Sekumpul.

Selain itu, pria bertubuh tambun itu juga foto keluarga berukuran besar yang sama-sama diselamatkan ke rumah tetangga yang ada di depan rumahnya.

Untungnya, kobaran api tidak sampai menghanguskan seluruh bangunan milik Jhon Tralala tersebut. Meskipun, atap dan kaca rumah berlantai dua itu rusak akibat kerasnya semburan air untuk memadamkan api yang mulai membara tersebut.

Dirinya mengetahui peristiwa tersebut setelah terbangun dari tidur siangnya. Dalam kondisi terkejut, dia berusaha menyelamatkan barang yang bisa diangkatnya.

“Hanya mampu membawa barang yang ringan-ringan saja. Dan yang penting keluarga selamat, karena api sudah mulai menjalar ke rumah,” terangnya.

Diapun tidak menyangka jika rumahnya turut menjadi korban kebakaran. Saat itu tidak ada aktifitas apa-apa, lantaran semua penghuni rumahnya sedang istirahat.

Informasi yang berhasil dihimpun BPost, peristiwa itu diduga akibat hubungan arus pendek yang terjadi di agen utama TIKI. Karena sebelum kejadian, listrik dalam kondisi padam.

Namun, petugas di kantor tersebut menyalakan mesin genset. Tidak lama kemudian, listrik kembali nyala. Diperkirakan lupa mematikan genset, sehingga memicu kebakaran tersebut.

Karena tidak lama setelah listrik itu menyala, api langsung muncul dari bangunan yang disewa jasa kiriman klat tersebut. Dengan cepat api langsung berkobar ke seluruh bangunan, mengingat atap bangunan itu terbuat dari kayu.

Smentara itu, Kapolsekta Banjarmasin Timur AKP Dodik Tatok Subiantoro yang ditemui di lokasi kejadian mengatakan, jajaranya sedang mengumpulkan informasi. Dugaan sementara, kebakaran itu akibat hubungan arus pendek.

“Petugas masih mengumpulkan informasi dari para saksi mata, untuk menyimpulkan penyebab kebakaran tersebut,” katanya.

Mengenai kepastian penyebab kebakaran itu, pihaknya harus menunggu olah TKP atau hasil identifikasi yang akan dilakukan jajaran reskrim Polresta Banjarmasin.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s