Hasil Curanmor Sepi Peminat

Posted: January 9, 2011 in Berita

– Hampir dua bulan, hanya 10 yang diambil

BANJARMASIN, BPOST-Sebanyak 37 kendaraan bermotor hasil pencurian alias Curanmor yang dipajang di halaman Mapolresta Banjarmasin sepi peminat. Hampir dua bulan ‘dipamerkan’ di halaman Mapolresta, hanya 10 kendaraan yang diambil pemiliknya.

Padahal pengambilan kendaraan itu tidak dipungut biaya. Bagi warga yang pernah kehilangan, cukup menunjukan surat laporan kepolisian dan dokumen sebagai bukti kepemilikan kendaraan tersebut.

Dari pantauan BPost, puluhan kendaraan yang dipajang di halaman Mapolresta Banjarmasin kini dipindahkan ke areal parkir belakang Mapolresta. Karena, meski dipasangi spanduk bertuliskan pengambilan gratis, tidak ada warga yang mengambil.

Akibatnya, barisan kendaraan beragam jenis itu mengganggu pemandangan. Bahkan, menimbulkan kesan bahwa halaman Mapolresta Banjarmasin itu kumuh.

Meski lokasinya dipindah, petugas tetap memberika pelayanan pengambilan kendaraan tersebut sesuai dengan perjanjian. Karena ada kalanya hanya dipinjam pakai saja, lantaran proses hukum masih berjalan.

“Kalau ada tersangkanya ya kita pinjam pakai saja, nanti sewaktu-waktu diambil untuk bukti di pengadilan,” ujar Kanit Ranmor, Ipda Agus Sugianto.

Dia menegaskan, pengambilan kendaraan tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Namun, bagi warga yang memiliki cukup membawa bukti yang akan disesuaikan dengan kendaraan yang akan diambilnya itu.

Sementara itu, salah seorang warga kesulitan untu mengambil kendaraan tersebut dengan alasan susah mengidentifikasi ciri-ciri kendaraannya yang pernah hilang.

Karena, dia mengenali dari warna dan nomor polisinya. Namun, dari beberapa kendaraan yang dipajang tersebut banyak plat nomornya yang sudah digati pelaku alias palsu.

“Saya kenalnya dari warna dan plat nomor saja. Dan disini tidak ada yang nomornya seperti kendaraan saya dulu,” ujar Nurul, salah seorang warga.

Sedangkan untuk mengtehui nomor mesin dan nomor rangka dirinya kesulitan. Mengingat barisan kendaraan hasil pencurian tersebut, berjajar agar mepet sehingga susah untuk dideteksi.

“Nomor mesin dan rangka kan di bawah letaknya. Kalau melihat otomatis harus membalikbalik,” keluhnya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s