Kapolda Kalsel Sidak ke Rutan Polresta

Posted: January 9, 2011 in Sosial

“Minta Dipasangi Pengharum Ruangan”

BAU apek bercampur pengab langsung menyeruak hidung, ketika pintu rumah tahanan (Rutan) Mapolresta Banjarmasin itu dibuka. Dengan spontan, Kapolda Kalsel Brigjen Pol Syafruddin terlihat menggerakan hidung merespon bau tak sedap itu.

Meski menahan aroma tak sedap, jenderal bintang satu itu berusaha terlihat santai. Didampingi Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Hilman Thayib dia menyusuri lorong-lorong bangunan yang dihuni sekiutar 192 tahanan tersebut.

Selama hampir 20 menit di Rutan tersebut, Syafruddin mengajak bincang-bincang sejumlah tahanan yang mendekam di balik jeruji besi tersebut. Termasuk menghampiri beberapa anggota Polisi yang sedang menjalani penahanan di sel khusus.

“Kalian betah ya tinggal di tempat ini. Kalau tidak betah, jangan membuat pelanggaran,” ujar Syafrudin dengan nada bertanya.

Tidak hanya itu, orang nomor satu di Mapolda Kalsel itu juga minta perwira jaga Rutan untuk memasangi pengharum ruangan. Dengan harapan, bisa mengurangi aroma tak sedap dalam ruangan itu.

Termasuk untuk menambah ventilasi. Biar sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik, sehingga para tahanan yang berada di dalam Rutan tersebut juga terjamin kesehatannya.

“Meski seorang tahanan, dia juga manusia. Tolong diberi pengharum ruangan dan ventilasinya ditambah biar tidak terlalu pengab,” pintanya.

Sementara itu, Kabag Operasional Polresta Banjarmasin Kompol Prihartono yang bertanggung jawab terhadap Rutan tersebut hanya bisa mengangguk-anggukan kepala sebagai tanda mengabulkan permintaan Syafruddin.

Menurutnya, ventilasi itu dibuat sudah sesuai standart. Artinya, setiap hari para poenghuni tahanan masih bisa merasakan sinar matahari. Karena juga beberapa bagian diberi ruang terbuka, sehingga sinar matahari langusng masuk bangunan tersebut.

“Ventilasinya sudah cukup, karena para tahanan bisa menikmati sinar matahari meskipun tidak sebebas seperti manusia yang bebas,” terangnya.

Kedatangan Kapolda itu sangat mengejutkan semua jajaran Kepolisian di Mapolresta Banjarmasin. Selain datang tidak ada pemberitahuan, yang pertama kali didatangi Syafruddin adalah RS Bhayangkara Banjarmasin yang berada di samping Mapolresta.

Sontak saja membuat heboh petugas. Dengan cepat, petuga Lantas dibantu anggota lainnya, memindahkan puluhan kendaraan rusak akibat kecelakaan yang terparkir di halaman Mapolresta tersebut dipindah ke bagian belakang.

Usai meninjau rumah sakit milik Polda itu, dirinya langsung meninjau beberapa ruang satuan di Polresta Banjarmasin. Seperti meninjau ruang sat Lantas, ruang tunggu pembuatan SIM, rumah tahanan, ruang Sat Narkoba, Sat Reskrim hingga ruang Mindik.

“Selama jadi Kapolda saya belum pernah keliling ke Polresta sini. Bahkan yang saya dulukan berkunjung ke kantor media. Kalau tidak kesini bisa dikatakan menganak tirikan polres,” cetusnya sambil tertawa.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s