Operasi Patuh Intan 2010

Posted: January 9, 2011 in Berita

“Pelanggar Langsung Disidang pak Hakim”

KEHADIRAN pria yang mengenakan jubah warna hitam (toga) di belakang meja yang dilampisi kain warna hijau, menjadi pusat perhatian ratusan pengedara yang menjalani pemeriksaan petugas Satlantas Polresta Banjarmasin, Rabu (15/12) pagi.

Apalagi dia didampingi jaksa dan panitera serta palu. Termasuk, bendera merah putih dan bendera pengadilan. Sehingga di halaman Mapolresta Banjarmasin tersebut, layaknya kantor pengadilan dadakan.

“Kenapa ada sidang di halaman kantor Polisi,” gumam salah seorang pengendara usai menjalani pemeriksaan surat-surat kendaraannya.

Bagi warga yang melanggar dari operasi patuh intan 2010 tersebut, langsung menjalani sidang di tempat. Semua kesalahan yang didakwakan tersebut, dibaca hakim yang memimpin sidang tindak pidana ringan itu.

Pelanggar juga langsung diwajibkan membayar denda sesuai dengan tingkat kesalahannya kepada Jaksa yang duduk satu meja dengan hakim. Seperti tidak membawa SIM dikenai denda sebesar Rp 120 ribu atau hukuman kurang selama 2 hari.

Begitu juga dengan tidak membawa kedua dokumen utama yakni STNK. Pelanggar dikenai denda sebesar Rp 200 ribu, dan jika tidak bisa membayar maka diharuskan menjalani hukuman kurungan selama 4 hari.

Meski bertempat di halaman, pelaksanaan sidang di tempat tersebut layaknya pengadilan. Karena hakim juga membacakan kesalahan yang diikuti dengan pemukulan palu sebagai tanda putusan sidang.

“Sidang di tempat itu untuk memudahkan masyarakat yang terbukti melanggar. Mereka tidak lagi menunggu lama-lama, jika terjaring operasi. Setelah bayar sidang, kendaraannya langsung bisa diambil,” ujar Kaurbin Ops Satlantas Polresta Banjarmasin, Iptu Abdurahman.

Selama pelaksanaan operasi patuh intan 2010 yang digelar sejak 8 Desember lalu, Satlantas Polresta Banjarmasin berhasil menjaring 600 lebih kendaraan yang melakukan pelanggaran, seperti tidak membawa dokumen.

Biaya tilang tersebut langsung dibayar yang bersangkutan ke bank, sehingga langsung masuk ke kas negara. Petugas hanya mendapatkan laporan saja sesuai dengan jumlah kendaraan yang melanggar tersebut.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s