Dua Ledakan Diikuti Kobaran Api

Posted: January 11, 2011 in Berita

– Belasan rumah dan kios hangus terbakar

BANJARMASIN, BPOST-Keheningan warga Jalan Barito Ilir depan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, berubah mencekam. Warga yang tinggal di kawasan pasar dan pertokoan tersebut, langsung berhamburan keluar rumah menyusul dua ledakan yang diikuti kobaran si jago merah dari salah satu rumah di kawasan itu, Minggu (31/10) pukul 22.45 Wita.

Raungan sirine mobil barisan pemadam kebakaran (BPK) terdengar bersahut-sahutan. Dalam waktu singkat, para anggota penjinak api itu sudah menyemut di kawasan tersebut untuk melumpuhkan amukan si jago merah.

Dalam waktu 1 jam, para anggota BPK berjuang keras memadamkan kobaran api yang melumat bangunan yang terbuat dari papan kayu di kawasan padat penduduk tersebut.

Sebanyak 15 rumah dan belasan kios yang ada di kawasan itu hangus dilalap si jago merah. Untungnya, dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Karena saat terjadi kebakaran, warga belum sepenuhnya istirahat.

Informasi yang berhasil dihimpun BPost, kebakaran itu berawal adanya suara ledakan dua kali dari bangunan yang berada di tengah kawasan padat tersebut.

Selain sebagai pemukiman warga, kawasan tersebut merupakan pasar. Termasuk adanya kegiatan penjualan tiket kapal laut maupun tempat-tempat penginapan penumpang yang kehabisan angkutan.

Setelah dua ledakan itu, langsung muncul bunga api yang menyembur keluar. Karena tiupan angin laut cukup kencang, menambah cepat kobaran itu menjalar dan melalap seluruh ruas bangunan yang mayoritas terbuat dari papan kayu tersebut.

“Disini lampu tidak padam. Cuma tadi sebelum muncul api, terdengar suara ledakan yang sangat keras dan warga banyak yang keluar,” ujar salah seorang warga, Ariffin sambil menunjukan rekaman video amatir hasil karyanya.

Bahkan, masyarakat menganggap suara ledakan itu bom. Sehingga warga yang sedang melakukan bongkar muat barang di terminal Pelabuhan Trisakti Banjarmasin berlarian.

“Orang-orang yang bongkar muat barang di truk itu sempat lari, karena dikira bom. Dan api langsung muncul dan membesar,” terangnya.

 

Warga yang belum istirahat maish bisa menyelamatkan barang-barang miliknya ke luar rumah. Namun, sebagain dari penduduk memilih menyelamatkan diri bersama anggota keluarga dan membiarkan harta bendanya dilalap kobaran api tersebut.

Kepastian penyebab kebakaran tersebut, masih diselidiki jajaran Kepolisian Polsekta Banjarmasin Barat. Selain ada dugaan kompor yang meledak, kebakaran itu dipicu hubungan arus pendek.

Apalagi sebelum kejadian, kawasan tersebut diguyur hujan. Termasuk usia sambungan listrik yang sudah tua, menambah cepat terjadinya konsleting yang berakhir dengan kebakaran tersebut.

“Petugas masih melakukan penyelidikan penyebab kejadian itu dengan mengumpulkan keterangan warga sekitar,” ujar Kapolsekta Banjarmasin Barat, AKP Riza Mutaqien.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s