Kapolresta Geram Ada ‘Gayus’ di Polresta

Posted: January 11, 2011 in Berita

BANJARMASIN, BPOST-Perlakuan istimewa terhadap Rustam, salah satu tahanan narkoba Polresta Banjarmasin membuat geram Kapolresta Kombes Pol Hilman Thayib. Dirinya merasa terusik dengan perlakuan istimewa yang diberikan jajaran Sat Narkoba.

Menurutnya, tidak ada perbedaan terhadap para penghuni rumah tahanan (Rutan) tersebut. Termasuk kepada salah seorang tahanan yang merupakan pengusaha batu bara.

“Tidak ada perbedaan, mereka yang ada di dalam (Rutan) itu para tersangka. Sehingga semuanya sama, dan tidak ada Gayus di Rutan kita” katanya dengan nada tinggi.

Bahkan dirinya bakal memberikan sanksi terhadap anggota yang melakukan pelanggaran tersebut. Karena, seorang tersangka yang mendekam dalam Rutan boleh keluar untuk menjalani pemeriksaan saja.

Termasuk menerima tamu hanya saat jam besuk, yang telah ditetapkan petugas dan terjadwal secara pasti. Di luar itu, semu petugas tidak diperkenankan untuk bertemu.

“Aturannya jelas, dibon itu hanya untuk kepentingan pemeriksaan saja. Kalau sampai dibawa keluar tidak ada kepentingan apa-apa, namanya melanggar,” tandasnya.

Perlakuan istimewa diterima Rustam yang mengaku kenal dekat Kapolri Jenderal Timur Pradopo. Setiap hari, pria yang mendekam dalam rutan karena kasus narkoba seberat 3,99 gram dan 92 butir ineks itu keluar rutan sejak pagi dan baru masuk lagi sore hari.

Meski mengenakan kaos tahanan warna orange, pengusaha emas hitam itu keluar tanpa pengawalan ketat petugas dan tanpa borgol seperti tahanan lain.

Dia dengan santai duduk manis di salah satu ruangan di Satuan Narkoba Polresta Banjarmasin hingga sore hari, tanpa adanya aktifitas apapun seperti pemeriksaan.

Sontak saja, perlakuan tersebut menimbulkan kecemburuan terhadap 192 tahanan lainnya. Karena mereka bisa keluar jalan-jalan harus menyetor uang sebesar Rp 5 juta kepada petugas.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s