Oknum TNI Gagal Pesta Sabu

Posted: January 11, 2011 in Berita

– Ditemukan sabu seberat 3,99 gram dan alat hisap

– Ineks sebanyak 92 butir dan 2 pucuk senpi

BANJARMASIN, BPOST-Keheningan warga Simpang Cempaka Raya II RT10 Banjarmasin yang menikmati istirahat malam, mendadak berubah gaduh. Puluhan warga berhamburan keluar rumah, menyusul penggerebekan salah satu rumah bedak di kawasan itu yang dilakukan Polsekta Bajarmasin Barat yang dibackup Sat Narkoba Polresta Banjarmasin, Senin (8/11) pukul 23.30 Wita.

Di rumah bedakan milik Syarif Hidayat itu, diduga kuat bakal dijadikan tempat untuk menggelar pesta sabu. Selaian mengamankan tuan rumah, petugas juga mengamankan tiga orang antara lain, Mohammad Syahrial, Haji Rustam, Sapriannor dan dua oknum anggota TNI Sertu BB anggota Lanud Syamsudin Noor dan Kopda M AL anggota Yonif 623 Sungai Ulin.

Di ruang tamu rumah itu, ada tiga botol bir bintang dan beberapa tangkai anggkur. Bahkan petugas juga menemukan sabu seberat 3,99 gram dan pil warna coklat muda logo love yang diduga kuat ineks sebanyak 92 butir.

Selain itu, dalam penggerebekan tersebut petugas juga menemukan senjata api (Senpi) jenis pistol dan dua amunisi yang diduga milik salah satu anggota dan Haji Rustam yang berstatus sebagai pengusaha batu bara.

Dalam waktu cepat, penggerebekan yang dipimpin langsng Kasat Narkoba Kompol Christian Rony dan Kapolsekta Banjarmasin Barat AKP Riza Muttaqin menyedot perhatian masyarakat. Karena beberapa anggota Detasemen Polisi Militer (DenPOM) XI/2 Banjarmasin langsung datang ke lokasi.

Bahkan petugas yang melakukan penggerebekan sempat kesulitan.  Selain diguyur hujan, untuk menuju ke rumah tersebut harus meniti papan sepanjang skeitar 20 meter di atas rawa.

Setelah melakukan penggeledahan selama 60 menit, keempat warga tersebut langsung digiring ke Mapolresta Banjarmasin untuk dimintai keterangan. Sedangkan dua oknum TNI yang ada di rumah itu, langsung dibawa ke Denpom XI/2 Banjarmasin untuk menjalani pemeriksaan.

Saat kedua oknum itu digiring petugas PM, puluhan warga yang menyaksikan penggerebekan itu langsung melontarkan kritik dan cacian. Mengingat, keduanya berusaha menutup wajah menggunakan jaket.

“Kenapa mas kok wajahnya ditutupi segala, emang malu ya,” teriak salah seorang ibu dengan nada mencibir.

Hingga berita ini diturunkan, keempat orang tersebut masih menjalani pemeriksaan intensif penyidik Sat Narkoba Polresta Banjarmasin. Sedangkan sepucuk senpi dan 2 amunisi langsung diserahkanke Resmob Polresta Banjarmasin.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Banjarmasin Kompol Christian Rony mengatakan, pihaknya belum bisa mengambil kesimpulan kepemilikan arang haram tersebut. Karena keempat orang yang diamankan itu masih saling lempar.

“Yang jelas prosesnya tetap lanjut,” ungkap Rony, saat dihubungi via ponsel, Selasa (9/11) malam.

Berkait dua oknum anggota TNI yang ikut diamankan karena berada di rumah yang digerebek, menurut Rony, keduanya diserahkan ke kesatuannya masing-masing.

“Untuk proses penyidikan keduanya di kesatuan mereka,” terang Rony.

Saat ditanya apakah keberadaan kedua oknum tersebut ikut nyabu atau tidak, Rony belum bisa memastikan.

“Berdasarkan keterangan warga sipil yang diamankan ada yang bilang dua oknum itu ikut nyabu ada juga yang bilang tidak. Mereka ini masih berbelit-belit makanya sekarang keterangannya masih kita dalami,” ujar Rony.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s