“Motor Perang Dunia II Ikut Konvoi”

Posted: January 16, 2011 in Berita

– Operasi Citra Intan 2010

RAUNGAN suara kenalpot ratusan kendaraan bermotor yang memenuhi pelataran Mapolresta Banjarmasin, Minggu (31/10) pagi memekikan anak terlinga. Hampir 10 menit, berbagai jenis kendaraan itu yang berkumpul sejak pagi itu terus menderu-deru.

Sekitar 300 bikers alias pecinta otomotif, mulai Harley Davidson, Scooter, Binter Mercy era 80-an hingga CB jenis 100 dan 125 buatan tahun 70-an tumah ruah di pelataran Mapolresta Banjarmasin. Mereka bakal menyusuri kawasan Banjarmasin-Kuala Kapuas untuk mengkampanyekan tetrib lalulintas.

Bahkan, komunitas kendaraan tua jenis BSA Airborne buatan tahun 60-an ikut meramaikan kegiatan dalam rangka Operasi Citra Intan 2010 itu. Kendaraan yang biasa dipakai serdadu Inggris dalam perang dunia II itu, ambil bagian kampanye tertib berlalulintas. Sontak saja, kehadiran komunitas kendaraan tua itu menyedot perhatian masyarakat. Khususnya para pengguna jalan raya. Karena, jenis kendaraan tersebut sudah langka, namun kemampun jelajahnya masih sangat handal.

Apalagi, warna cat hijau lumut kehitaman yang menjadi ciri khas kedaraan itu masih asli. Termasuk asesoris seperti tas kulit di bagian samping kanan dan kiri kendaraan juga masih menempel, sehingga menambah perawan penampilan kendaraan yang dibuat skeitar tahun 60-an itu.

“Wah, kendaraan zaman perang dulu kok masih ada ya. Suara dan warnannya masih khas banget,” gumam salah seorang warga yang mengaku cinta kendaraan-kendaraan kuno.

Peserta touring tersebut dilepas langsung Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, AKP I Kade Utama Sik. Kelompok Herley Davidson berada di bagian depan, disusul berbagai jenis kendaraan lain seperti Binter Mercy, CB 100, CB 125, Scooter, dan BSA Airborne.

Sebelum melepas peserta touring tersebut, mantan Kapolsekta Banjarmasin Tengah itu mengingatkan kepada semua peserta untuk mematuhi tata tertib lalulintas. Karena, kegiatan itu digelar dalam rangka mengkampanyekan tertib lalulintas.

“Mentang-mentang dikawal Polisi, lantas semaunya sendiri. Ketetriban dan kedisiplinan harus dijaga, tunjukan kepada masyarakat kalau para bikers ini sopan dan selalu menjaga kedisiplinan dalam berkendara,” pinta Kade.

Dengan pekan Operasi Citra Intan Polantas 2010 ini, diharapkan menjadi awal yang baik bagi masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan berlalulintas. Seperti mengenakan helm standrt, membawa surat-surat kendaraan hingga mematuhi tata tertib.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s