Polantas Polresta Bagi Helm Anak-anak

Posted: January 16, 2011 in Berita

“Terkejut Saat Dicegat Polisi”

BANJARMASIN-Raut wajah Maslaniah (40) terlihat tegang. Perepuan berjilbab itu, nampak bengong saat beberapa petugas Lantas Polresta Banjarmasin menghentikan laju kendaraan yang ditumpangi saat melintas di Jalan A Yani Km3 Banjarmasin, Senin (25/10) siang.

Apalagi saat itu kedua anaknya yang dijemputnya sepulang sekolah tidak menggunakan helm. Sehingga menambah bingung pikirannya, menghadapi petugas Lantas termasuk Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Hilman Thayib yang berada di pinggir jalan.

Namun bukan surat tilang yang dikeluarkan petugas. Melainkan hadiah dari petugas, berupa helm standart gratis buat kedua buah hatinya tersebut.

Wajah Maslaniah pun langsung berubah sumringah. Dia bisa tertawa epas, ketika orang nomor satu di lingkungan Polresta Banjarmasin itu mengenakan helm standrt kepada kedua anaknya yang dibonceng tersebut.

“Aduh terima kasih pak Polisi. Tadi saya pikir kena tilang, karena anak saya tidak menggunakan helm. Tapi biasa kok seperti ini, maklum masih kecil,” katanya sambil tersenyum.

Pemberian helm gratis bagi anak-anak yang secara simbolis dilakukan Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Hilman Thayin itu menyedot perhatian pengguna jalan yang melintas di kawasan tersebut.

Tak ayal, kemacetan arus lalulintas di jalur kanalisasi pun tidak bisa dielakan lagi. Apalagi saat itu jam para siswa pulang sekolah, sehingga para orangtua sedang menjemputnya.

Karena yang menjadi target pemberian helm gratis tersebut adalah pengguna jalan raya khususnya anak-anak yang tidak menggunakan helm dan diberhentikan untuk diberi helm secara gratis.

“Ini terobosan Polresta dan untuk melatih masyarakat agar sejak kecil anaknya dilatih taat peraturan lalulintas,” kata Hilman.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Banjarmasin AKP I Kade Utama Sik mengatakan, pihaknya menyediakan sebanyak 50 buah helm anak-anak yang bakal dibagikan secara gratis.

Bahkan, pihaknya bersama sejumlah sponsor terus mengupayakan pengadaan helm khusus anak-anak tersebut. Karena selama ini kesadaran orangtua untuk melindungi anaknya saat berkendara masih kurang.

“Padahal sangat berbahaya, saat berkendara anak tidak menggunakan helm. Sama halnya orangtua memikirkan dirinya sendiri dan tidak sayang terhadap anaknya,” terangnya.

Apalagi, imbuh mantan Kapolsekta Banjarmasin Tengah ini, saat ini bertepatan dengan operasi patuh Intan Citra Polantas 2010. Diharapkan menjadi awal bagi masyarakat untuk lebih taat lagi pada peraturan berlalulintas.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s