“Kalsel Seperti Surga Makanan”

Posted: January 18, 2011 in Budaya

– Festival Budaya Banjar

GELARAN akbar bertajuk festival budaya Banjar, hasil gawe bareng pemko Banjarmasin dan pemprov Kalimantan Selatan yang didukung sepenuhnya harianpagi Banjarmasin Post Group resmi berakhir, Senin (27/9) sore.

Kegiatan yang digelar selama dua hari di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin itu cukup istimewa dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain beragam kesenian yang ada di kampoeng banjar, acara yang dihelat dalam rangka memperingati HUT pemprov Kalsel dan Hut Kota Banjarmasin itu menjadi perhatian masyarakat luas.

Sejumlah touris asing dan warga banua yang ada di negeri Jiran Malaysia hadir dalam kegiatan tersebut. Mereka sangat antusias menikmati gelaran bergengsi tersebut.

“Benar-benar seperti surga makanan. Semua jenis makanan khususnya khas Kalsel ada dalam kegiatan ini,” ujar Armain, salah seorang warga Banjar yang tinggal di Malaysia.

Diharapkan kegiatan tersebut terus digelar setiap tahun. Akan lbih bagus jika dilaksanakan di ibukota, karena selain menjadi sungguhan masyarakat Banjar yang ada di perantauan juga untuk mengenalkan budaya banua ini ke masyarakat luar.

Sementara itu, asisten II bidang pembangunan pemprov Kalsel Fitri Rifani mengatakan, akan terus mengembangkan kegiatan tersebut menjadi lebih besar dan semarak lagi.

Karena kegiatan itu menjadi moment bagi daerah untuk mempromosikan keanekaragaman budaya, kesenian dan wisata daertah kepada masyarakat luar agar berbondong-bondong ke daerah ini.

“Ini kesmepatan bagus untuk mengenalkan dan mempromosikan kekayaan budaya daerah ini kepada masyarakat luas,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diumumkan stand terbaik dalam kegiatan kampoeng banjar. Juara I diraih Pemkab Hulu Sungai Tengah (HST), juara II Pemkab Hulu Sungai slatan (HSS) dan juara III diraih Pemko Banjarmasin.

Kemudian, untuk juara harapan I diraih Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU), harapan II diraih Pemkab Batola dan harapan III diraih pemkab Balangan serta juara favorit diraih Pemkab Tanah Laut (Tala).***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s