45 Titik Rawan Kecelakaan Arus Mudik

Posted: January 21, 2011 in Berita

– Titik rawan lakalantas tersebar di 13 kab/kota

– Loksado-Batulicin rawan longsor

BANJARMASIN-Perhatian bagi warga yang ingin mudik menggunakan jalur darat agar lebih hati-hati. Sebanyak 45 daerah rawan kecelakaan tersebar di seluruh 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan.

Meskipun dinas perhubungan (Dishub) bersama jajaran dinas kesehatan dan Kepolisian, membangun posko kesehatan dan keamanan di sejumlah titik rawan tersebut untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan lalulintas.

“Sebagai langkah antisipasi, makanya kami membuat posko kesehatan dn keamanan. Karena titik rawan itu tersebar di seluruh wilayah di Kalsel,” ujar Plh Kepala Dishub Kalsel, Ramonsyah.

Daerah rawan tersebut, lanjut Ramonsyah, karena kawasan tersebut merupakan jalur utama. Sehingga tingkat kepadatan arus lalulintas lebih banyak dibandingkan daerah lain.

Seperti di Jalan Gubernur Soebardjo Lingkar Selatan. Kawasan tersebut, merupakan salah satu titik rawan yang ada di kota Banjarmasin, karena menjadi jalur utama warga menuju Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Bukan rusak, tapi karena itu jalur utama. Sehingga jumlah kendaraan yang melintas lebih banyak dibandingkan daerah lain, sehingga tingkat kerawanan juga tinggi,” tandasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, posko tersebut bakal dibangun menjelang arus mudik nanti di sejumlah titik rawan tersebut. Dengan harapan, bisa memberikan pertolongan pertama kepada masyarakat jika ada yang mengalami kecelakaan.

“Meski ada posko kesehatan dan keamanan, masyarakat juga harus waspada dan hati-hati,” pintanya.

Sementara itu, Kepala dinas pekerjaan umum (PU) Kalsel HM Arsyadie mengatakan, mayoritas jalan provinsi yang menjadi jalur utama arus mudik dalam kondisi baik.

Hanya saja, ruas jalan mulai Jembatan Barito hingga perbatasan Kalteng sepanjang 35 kilometer ada lubang di badan jalan tersebut sehingga mengganggu para pengguna jalan. Meskipun saat ini sedang dilakukan perbaikan dengan menambal lubang-lubang tersebut.

Diperkirakan perbaikan yang menelan anggaran sebesar Rp 118 Miliar itu dilaksanakan setelah arus balik nanti. Dengan begitu, proses pengerjaantidak terhambat maupun menghalangi warga yang sedang mudik lebaran.

“Dananya sudah ada tinggal proses lelang untuk melakukan perbaikan total,” katanya saat ditemui usai peringatan HUT ke-60 pemprov Kalsel.

Selain kawasan Jembatan Barito hingga perbatasan Kalteng, yang harus diwaspadai warga yang mudik lebaran adalah di kawasan Loksado tujuan Batlicin. Jalan di wilayah tersebut sering longsor.

“Alat berat juga standbay di kawasan itu, jadi sewaktui-waktu kalau ada yang longsong bisa langsung diperbaiki,” terangnya.

Dari pantauan BPost, lubang dengan diameter beragam mulai dari 50 sentimeter hingga 80 sentimeter masih mewarnai sepanjang jalan utama, baik menuju kota Banjarmasin maupun Palangkaraya tersebut.

Tak ayal para warga yang melintas di jalan tersebut memilih mengurangi kecepatan. Karena mereka tidak ingin kendaraannya masuk lubang, yang bisa berakibat cepatnya kerusakan roda kendaraan tersebut.

Bahkan juga banyak pengendara yang memilih mengalah jika berpapasan dengan mobil yang keberatan mengangkut barang. Karena mobil tersebut terpaksa harus jalan zig-zag untuk menghindari lubang yang mewarnai jalan poros itu.

“Dari pada tabrakan mas, lebih baik berhenti ke pinggir saja. Kasihan, mobil itu barang bawaannya banyak,” tukas Saleh, salah seorang pengendara.

Yang lebih sulit ketika menyusuri jalan tersebut malam hari. Sorot lampu kendaraan terkadang tidak mampu menunjukan tempat lubang-lubang tersebut.

“Kalau jalan malam hari kami lebih sering menggunakan instink dan mengira-ngira, lubangnya di daerah sini. Karena saking seringnya lewat,” timpal pedagang sayur.***

 

Rawan Terjadi Kecelakaan

—————————————-

Kabupaten/Kota : Titik Rawan Kecelakaan

—————————————-

Banjarmasin   : Jalan Gubernur Soebardjo

: Jalan Sultan Adam

: Jalan RK Ilir

: Jalan A Yani Km 1-6

Banjarbaru    : Jalan A Yani Km 7-14

: Jalan A Yani Km 31-32

: Jalan A Yani Km 35-38

Banjar        : Jalan A Yani Km 7-14

: Jalan A Yani Km 53-71

: Jalan A Yani Km 74-82

HSU           : Jalan A Yani Km 181-184

: Jalan Brigjen Hasan Basry

: Jalan Prov Batu Mandi

: Jalan Muara Tapus

Tapin         : Jalan Sudirman baypass Tapin

: Jalan A Yani Km 85-94

HSS           : Km 4-6 Sungai Raya

: Km 6-10 Angkinang

HST           : Jalan Desa Pangambau

: Pantai Hambawang

: Km 161-166

: Jalan Desa Buluh

: Jalan Desa Pamangkih

Tanahlaut     : Jalan Desa Pabahanan

: Sarang Halong

: Sungai Jelai

: Tambang Ulang

: Pulau Sari

: Gunung Raja

: Lianganggang

: Tajau Pecah

Tanahbumbu    : Batulicin-Batuampar

: Sungai Loban-Segumbang

: Pagatan

Kotabaru      : Hasan Basry

: Pulau Laut Utara

: Kusuma Jaya

: Serongga

Balangan      : Km 175 Desa Hampang

Tabalong      : Jalan Trans Kalimantan

: Jalan Kelua

Batola        : Perbatasan Kalteng

: Handil Bakti

—————————————-

Sumber: Dinas Perhubungan Kalsel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s