Angkutan Sungai pun Ditambah

Posted: January 27, 2011 in Berita

– Antisipasi lonjakan penumpang

BANJARMASIN-Mengantisipasi lonjakan penumpang yang ingin merayakan lebaran, dinas perhubungan (Dishub) juga menambah armada sungai untuk melayani masyarakat. Baik untuk angkutan antara kota dalam provinsi (AKDP) maupun antar provinsi (AKAP).

Hal itu diungkapkan Plh Kepala Dishub Kalsel, Ramonsyah. Angkutan sungai yang biasa melayani masyarakat sebagai angkutan alternatif itu jumlahnya mencapai 205 buah dengan jumlah tempat duduk 141.520 buah.

“Untuk armada AKAP sebanyak 80 buah dan AKDP sebanyak 125 buah dengan beragam jenis,” terangnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, karena banyak masyarakat Kalsel maupun Kalteng yang masih memanfaatkan angkutan sungai untuk menunjang aktifitasnya. Baik belanja maupun bepergian ke luar kota.

Selain itu, disejumlah tempat penyebarangan angkutan sungai juga diintensifkan. Seperti di dermaga Alalak-Jelapat juga disediakan 7 buah kelotok, Mantuil-Tamban sebanyak 2 kelotok, Banjar Raya-Solo KIjang sebanyak 3 kelotok, Batulicin-Tanjung Serdang 4 buah ferry dengan jumlah tempat duduk diperkirakan sebanyak 267.200 buah.

“Warga kita kan masih banyak yang lebih sennag naik kelotok dibandingkan naik bus. Makanya, dari pada terjadi kekurangan angkutan, sejak saat ini kita persiapkan,” terangnya.

Disinggung kenaikan jumlah penumpang, menurut Ramonsyah diperkirakan naik berkisar antara 5 hingga 15 persen. Dengan jumlah tempat duduk dan armada yang disiapkan tersebut, dipastikan mampu memberikan pelayanan.

Sementara itu, dari pantauan BPost di dermaga Alalak hingga saat ini belum ada tanda-tanda lonjakan penumpang. Dua kelotok besar yang biasa melayani penyeberangan Banjarmasin-Jelapat, tetp beroperasi seperti hari-hari biasa.

Armada tersebut dipenuhi warga yang ingin belanja ke pasar-pasar maupun pusat perbelanjaan di kota Banjarmasin untuk keperluan sehari-hari khususnya saat melaksanakan puasa.

“Yang ramai ya orang mau belanja ke pasar mas, apalagi kalau minggu pagi pasti ramai orang bawa belanjaan,” ujar Nuridi, salah seorang motoris kelotok.

Meski lebaran, dirinya tetap aktifitas memberikan pelayanan penyeberangan kepada masyarakat. Karena, baik orang Banjarmasin maupun Jelapat dan sekitarnya yang tetap menggunakan jasanya untuk bertandang ke rumah sanak saudaranya.

“Hari raya tetap kerja mas, karena biasanya juga ramai orang yang menyeberang karena ingin ke rumah keluarganya. Baik orang Jelapat maupun orang Banjar yang ingin ke seberang,” tandasnya.***

Angkutan Lebaran

——————————————-

Jenis Angkutan     : Jumlah : Kursi

——————————————-

Angkutan sungai    :   205   :   141.520

Angkutan darat     : 5.732   : 1.176.496

Angkutan udara     :         :    72.514

——————————————-

Sumber: Dishub Kalsel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s