Banmus Menunggu SK Mendagri

Posted: January 27, 2011 in Berita

– SK pelantikan dibawa Kabag Tapem

BANJARMASIN-Calon wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin periode 2010-2015, H Muhiddin dan Irwan Anshari bisa bernafas lega. Karena, SK Mendagri Gamawan Fauzi tentang pelantikan dirinya, sudah terbit.

Meskipun hingga saat ini, badan musyawarah (Banmus) DPRD Kota Banjarmasin belum bisa menggelar rapat penentuan pelantikan dengan alasan belum menerima salinan surat tersebut.

“Selama kami belum mendapat SK pelantikan dari Mendagri, Banmus ya tetap tidak bisa menggelar rapat pelantikan itu,” kata anggota Banmus, Matnor Ali.

Lebih lanjut dia menjelaskan karena itu prosedur untuk menggelar rapat, dan SK Mendagri tersebut menjadi dasar utama pelaksanaan musyawarah yang berisi agenda pelantikan wali kota dan wakil wali kota tersebut.

Begitu juga soal kepastian tempat pelantikan tersebut, juga belum jelas. Karena penentuan tempat pelantikan tersebut, satu paket dalam pembahasan Banmus.

Padahal, waktu pelantikan kurang 2 hari. Mengingat, akhir masa tugas wali kota Yudhi Wahyuni dan Alwi Sahlan pada Kamis (12/8) besok.

“Kalau besok (hari ini,Red) SK itu sudah kami terima, Banmus ya langsung menggelar rapat,” tendasnya.

Sementara itu, Kabag tata pemerintahan (Tapem) kota Banjarmasin, Ichwan Nurkhalik kepada BPost mengatakan, SK Mendagri tentang pelantikan wali kota Banjarmasin terpilih tersebut sudah ditangannya.

Bahkan dirinya yang saat itu berada di kantor Mendagri, sudah mengirimkan salinan SK tersebut berikut pengantar Gubernur Kalsel Rudy Arffin melalui faksimile. Dengan harapan, bisa menjadi bahan DPRD untuk menggelar Banmus.

“Kalau SK yang asli masih saya pegang karena baru saja mengambil di Mendagri. Karena waktu yang cukup sempit itu, makanya tadi saya kir lewat fax,” terangnya.

Masih menurut Ichwan, surat keputusan bernomor 131.63-445 dan 131.63-446 tahun 2010 tentang pengesahan wali kota dan wakil wali kota Banjarmasin yang ditandatangani Mendagri Gamawan Fauzi akan dibawa ke Banjarmasin dan langsung diserahkan kepada pimpinan dewan.

Ditanya soal lambatnya terbitnya SK tersebut, Ichwan mengaku tidak tahu. Karena pada umumnya, SK itu terbit dan dikirim ke daerah paling lambat seminggu sebelum serah terima jabatan. Karena untuk menentukan pelantikan sekaligus gladi bersih.

“Kalau itu saya tidak tahu, meskipun memang agak aneh. Palig ya pak menterinya sibuk saja,” cetusnya sambil tertawa

Selalu Siap

Lantas bagaimana kesiapan sekretariat dewan (Sekwan) untuk menggelar pelantikan tersebut? Menurut kepala Sekwan DPRD Kota Banjarmasin, Aminudin Latif, pihaknya siap setiap saat melaksanakan acara tersebut.

Meskipun dirinya mengakui jika waktunya mepet, tidak menutup kemungkinan persiapannya kurang maksimal. Namun, pihaknya siap mendukung kegiatan tersebut. Sehingga saat ini dirinya sudah menyiapkan desain undangan yang akan dibagi kepada para bupati dan wali kota se-Kalsel.

“Kalau waktu persiapannya panjang kan bisa maksimal. Tentu beda dengan yang mendadak,” katanya diplomatis.

Jika pelantikan tersebut harus digelar Kamis (12/8) besok, pihaknya siap saja. Karena sejumlah petugas kurir yang akan membagikan undangan juga sudah standbay.

Dari pantauan BPost di kantor DPRD kota Banjarmasin, belum nampak adanya persiapan pelantikan wali kota tersebut. Begitu juga dengan Gedung Sultan Syuriansyah yang menjadi harapan wali kota terpilih, juga tidak ada aktifitas persiapan.

Justru di gedung kebanggan warga banua itu, menjadi asrama pasukan pengibar bendera tingkat kota Banjarmasin selama menjalani proses pemusatan latihan.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s