Izin Amdal Pertamina Ketinggalan Zaman

Posted: January 27, 2011 in Berita

– Pertamian Wajib Memperbarui Amdal

– Pasca pecahnya pipa minyak mentah

BANJARMASIN-Badan lingkungan hidup daerah (BLHD) Kalimantan Selatan, mewajibkan Pertamina memperbarui izin Analisi Dampak Lingkungan (Amdal) pasca pecahnya pipa penghubung antara Depo di Tabalong dengan Balikpapan. Karena izin lingkungan yang dimiliki Pertamina itu sudah ketinggalan zaman.

Hal itu dikatakan Kepala BLHD Kalsel, Rachmadi Kurdi. Menurutnya, hasil penelitian tim yang dipimpinnya saat mengkaji dampak pecahnya pipa tersebut menilai izin lingkungan yang dikantongi perusahaan tersebut berupa UKL/UPL yang saat ini sudah dianggap ketinggalan.

“Yang jelas rekomendasi tim, Pertamian wajib mengurus izin Amdal lagi untuk memperbaiki sistem lingkungan mereka,” katanya.

Lebih lanjut adia menjelaskan, izin Amdal tersebut akan ditangani pemerintah pusat. Mengingat , pipa yang menjadi penghubung tersebut melintasi di tiga provinsi, yakni Kalsel, Kalteng dan Kaltim.

“Tenggang waktu yang diberikan hingga 2012 harus beres semua. Karena kalau tidak begitu, ya tidak ada peningkatan,” tandasnya.

Ditanya soal pencemaran akibat semburan minyah mentah, menurut Rachmadi, Pertamina harus melakukan penanaman kembali sejumlah pohon di areal seluas 150 meter persegi yang ada di sekitar lokasi semburan minyak tersebut.

Kemudian juga melakukan ganti rugi terhadap 17 rumah yang ada di sekitar lokasi, yang terkena sasaran semburan minyak tersebut. Meskipu, rumah penduduk tersebut berdiri di atas lahan milik Pertamina.

“Mereka wajib melakukan penanaman lagi di kawasan yang kena semburan minyak,” terangnya.

Sekedar mengingat, pecahnya pipa milik Pertamina tersebut terjadi di desa Maliau Garagata kecamatan Jaro kabupaten Tabalong. Pipa dengan diameter 20 inchi yang merupakan penghubung Depo Tabalong dan Balikpapan itu pecah selebar 5 sentimeter.

Sedangkan ketebalan pipa tersebut sangat tragis. Karena sudah dimakan usia, ketebalan itu hanya sekitar 7 inchi saja. Padahal, standartnya ketebalan pipa itu mencapai 20 inchi lebih.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s