Panitia Pelantikan Muhiddin Bingung Tempat

Posted: January 27, 2011 in Berita

– SK mendagri belum terbit

BANJARMASIN-Masa tugas wali kota Banjarmasin Yudhi Wahyuni bakal berakhir, Kamis (12/8) lusa. Namun hingga saat ini, panitia pelantikan wali kota dan wakil wali kota periode 2010-2015, H Muhiddin-Irwan Anshari belum bisa menentukan lokasi pelantikan.

Selain adanya permintaan wali kota terpilih agar pelantikan bertempat di Gedung Sultan Suriansyah, hingga kini badan musyawarah (Banmus) DPRD Kota Banjarmasin juga belum menggelar rapat dengan alasan belum mengantongi SK Mendagri tentang pelantikan tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun BPost di Balai Kota, Senin (9/8) kemarin, rapat persiapa pelantikan yang digelar di ruang kerja Sekdako di lantai I pemko Banjarmasin itu berjalan alot tentang jadwal pelantikan tersebut.

Selain kebingungan lantaran panitia belum menerima SK pelantikan tersebut, juga padatnya acara Gubernur Rudy Ariffin. Karena dalam waktu bersamaan orang nomor satu di banua itu harus mengukuhkan anggota Paskibra pemprov Kalsel.

“Rapat hari ini ya ada keputusan, karena ya masih bingung karena itu ranahnya DPRD yang menentukan,” ujar salah seorang pejabat yang enggan disebut namanya.

Sementara itu, wakil ketua DPRD kota Banjarmasin Awan Subarkah mengakui hingga kini pihaknya belum bisa mengglar rapat Banmus karena materi yang menjadi bahan rapat tersebut belum ada.

Menurutnya, Banmus itu akan digelar jika DPRD selaku pelaksana pelantikan menerima petikan SK mendagri tentang pelantikan wali kota terpilih itu.

“Banmus itu kan menentukan jadwal pelantikan seperti tempat dan waktu, setelah menerima salinan SK pelantikan. Kalau belum ada SK ya kami tidak bisa melaksanakan rapat,” katanya.

Disinggung mepetnya waktu tersebut, dengan diplomatis dia menjawab kalau sekretariat DPRD siap melaksanakan pelantikan tersebut kapan saja. Termasuk mengedarkan undangan untuk para tamu.

Meski begitu dia berharap, kesempatan waktu dua hari ini bisa memperjelas rencana pelantikan itu. Karena tidak ssuai jadwal maka harus ada pelaksana tugas (Plt) wali kota tersebut.

“Kami berharap pelantikan sesuai jadwal, tapi kalau ternyata molor ya akan mendatangi gubernur agar dilakukan penunjukan Plt biar pemerintahan tetap berjalan,” terangnya.

Disinggung permintaan pelantikan di Gedung Sultan Suriansyah, menurut politisi asal PKS itu tidak ada masalah. Hanya saja, anggaran untuk pelantikan tersebut hanya sebesar Rp 50 juta.

“Boleh saja, karena itu rapat paripurna istimewa. Cuma anggaran dewan hanya Rp 50 juta, dan tidak boleh melebihi pagu anggaran tersebut,” tegasnya.

Mendatangi Mendagri

Selasa (10/8) hari ini, Kabag Tapem kota Banjarmasin Ichwan Nurkhalik akan mendatangi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi untuk menanyakan SK pelantikan wali kota Banjarmasin periode 2010-2015.

Menurutnya, dia bertanggung jawab atas SK pelantikan tersebut. Sehingga pro aktif untuk mendatangi Mendagri guna melihat sejauh mana keberadaan SK itu.

“Besok pagi (hari ini,Red) saya akan mendatangi Mendagri untuk menanyakan SK itu,” katanya saat dihubungi BPost.

Jika surat keputusan tersebut sudah ada, imbuh dia, dirinya langsung kembali ke Banjarmasin menyerahkan SK tersebut kepada DPRD. Dengan begitu, para wakil rakyat itu bisa dengan cepat menggelar rapat persiapan pelantikan tersebut.

“Paling tidak rabu pagi sudah ada kejelasan dan bisa cepat melaksanakan persiapan,” tukasnya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s