Puasa, Volume Sampah Bertambah

Posted: January 27, 2011 in Berita

BANJARMASIN-Udara dingin kota Banjarmasin yang terasa menusuk tulang, tidak menyurutkan semangat Ardiansyah (45) menyusuri kota seribu sungai, Sabtu (28/8) pagi.

Dengan truk yang sudah terlihat tua dan mulai keropos, dia berhenti setiap melihat tumpukan sampah masyarakat di sepanjang Jalan S Parman Banjarmasin.

Sampah yang dibungkus dengan kantong plastik itu yang berada di pinggir jalan itu, satu persatu dinaikkan dalam truk yang dikemudikan bersama dua rekannya itu.

“Kalau malas ya tidak dapat uang mas, karena pekerjaannya ya pagi-pagi seperti ini,” ucapnya.

Bahkan aroma tak sedap yang menyeruak hidung, tidak dihiraukannya. Sepertinya bapak tiga anak yang mengenakan kaos warna orange itu sudah akrab dengan bau tak sedap.

“Hampir 7 tahun kerja sebagai pengangkut sampah, jadi hidung ini sudah kebal,” katanya setengah percanda.

Selama bulan ramadhan ini, dirinya bersama sekitar 600 petugas kebersihan yang ada di kota Banjarmasin ini harus kerja ekstra. Karena, selama bulan puasa ini volume sampah di kota Bungas ini mengalami peningkatan.

Berdasarkan data dari dinas kebersihan kota Banjarmasin, sampah masyarakat bertambah sekitar 5 persen. Dari yang sebelum puasa sampah di kota Banjarmasin yang berpenduduk sekitar 700 ribu jiwa itu sebanyak 170 ton per hari. Saat ini menjadi 185 ton per hari.

Sampah yang mengalami peningkatan tersebut berupa bekas atau sisa-sisa masakan warga. Seperti sisa-sisa makanan atau bekas bungkus bahan makanan.

“Seperti biasa setiap puasa rata-rata naik dan tahun ini juga naik sekitar 5 persen saja,” ujar Kepala dinas kebersihan kota Banjarmasin, Syaidin Noor.

Meski mengalami peningkatan, sampah tersebut tetap terangkut ke lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) di Basirih kawasan Lingkar Selatan.

Karena sebanyak 600 petugas yang ditunjang 35 kendaraan, meski bulan puasa tetap melaksanakan tugasnya sesuai dengan pembagian wilayah dan shift kerja. Dengan harapan kebersihan tetap terjaga dengan baik.

“Puasa tidak jadi masalah, karena petugas tetap bekerja seperti hari-hari biasa,” terangnya.

Dia berharap masyarakat tetap mematuhi ketentuan pembuangan sampah seperti dalam Perda nomor 10 tahun 2009 tentang pembuangan sampah. Artinya, jika membuang sampah harus malam hari biar bisa diangkut petugas kebersihan.

“Selama warga membuang smapah malam hari, pasti terangkut semua. Karena pengangkutan dilakukan malam hingga subuh,” tandasnya.***

Kebersihan Kota Banjarmasin

– Dasar hukum Perda nomor 10 tahun 2009

– Petugas kebersihan sebanyak 600 orang

– Armada pengangkut sampah sebanyak 35 buah

– Luas TPA 39,5 hektar

– Tempat sampah sebanyak 131 buah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s