Rosehan Bisiki Rudy Resnawan

Posted: January 27, 2011 in Berita

– Mendagri sindir bupati malas rapat

BANJARMASIN-Kehadiran mantan Wagub Rosehan NB saat pelantikan Gubernur Kalsel periode 2010-2015 menjadi perhatian ratusan undangan yang memenuhi Gedung Mahigai Pancasila, Minggu (8/8).

Apalagi saat sesi pemberian ucapan selamat kepada Rudy Ariffin dan Rudy Resnawan yang baru beberapa menit diambil sumpahnya sebagai Gubernur Kalsel lima tahun mendatang oleh Menteri Dalam Neeri (Mendagri) Gamawan Fauzi.

Rosehan yang mengenakan stelan jas hitam lengkap dengan dasi plus peci, langsung bergegas menyalami bekas mitra dan rival politiknya Rudy Ariffin sambil berpelukan.

Namun saat giliran menyalami Wagub Rudy Resnawan, Rosehan tidak hanya sekadar berjabat tangan. Namun, politisi PKB itu terlihat membisikkan kata-kata seperti berpesan sesuatu dengan penggantinya dengan raut wajah tegang.

Usai memberikan ucapan selamat, Rosehan langsung bergegas meninggalkan Mahligai Pancasila menuju mobil yang berada di parkiran, tanpa banyak memberikan komentar.

“Kan sudah memberi ucapan selamat, ya terus pulang saja,” katanya sambil menuju ke mobil yang sudah menunggunya.

Padahal sejumlah pejabat negara seperti Meneg LH Gusti Mohammad Hatta, Ketua KPU Hafiz Ansyari, Sekretaris Satgas Anti Mafia Hukum Denny Indraya, Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, Anggota DPR RI Ruhut Sitompul masih bercengkerama di gedung tersebut.

Selain Rosehan, rival politik Dua Rudy yang hadir dalam pelantikan tersebut bupati Kotabaru Sjachrani Mataja dan Anggota DPD RI Gusti Farid Hasan Aman.

“Saya diundang atas nama bupati, karena saya masih jadi bupati ya datang kesini,” cetusnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berharap kemesraan kepala daerah itu bisa bertahan hingga akhir masa tugas. Karena gubernur tersebut menjadi contoh para bupati dan wali kota di daerah tersebut.

“Biasnaya kemesraan itu hanya berlangsung 2 hari saja, setelah itu kerja masing-masing. Tapi diharapkan bisa bertahan hingga akhir periode, mengingat gubernur itu perwakilan pemerintah pusat di daerah,” katanya.

Bahkan mantan Gubernur Padang itu juga menyindir adanya sejumlah bupati maupun wali kota yang malas menghdiri rapat jika diundang gubernur.

Padahal salah satu tugas gubernur tersebut, mengkoordinasikan tugas-tugas pemerintahan dengan seluruh bupati maupun wali kota yang ada di wilayahnya itu.

“Semoga di Kalsel tidak ada bupati yang malas menghadiri rapat jika diundang gubernur. Karena kalau tidak mau menghormati gubernur, lantas bagaimana,” tukasnya.

Bagi dia, untuk permasalahan yang ada di daerah diharapkan bisa diselesaikan di tingkat provinsi. Mengingat, tugas dan fungsi gubernur juga pemegang kebijakan mewakili pemerintah pusat.

“Kalau semua urusan diserahkan pusat, kami tidak mampu menanganinya. Makanya sesuai undang-undang bisa diserahkan kepada gubernur,” urainya.

Pelaksanaan pelantikan tersebut berlangsung meriah. Ratusan undangan sejak pagi memenuhi tenda yang berada di samping kiri dan kanan Mahligai Pancasila, Jalan R Soeprapto Banjarmasin.

Selain sejumlah pejabat negara, tampak hadir dalam pelantikan tersebut mantan pejabat gubernur Kalsel yang juga Sekretaris Wapres, Tursandi Alwi, Ketua DPP Partai Golkar Aburizal Bakri, dewan penasehat Partai Gerindra Letjen (Purn) Prabowo Subianto serta pemimpin umum Banjarmasin Post Group, HG Rusdi Effendi AR bersama Pimred BPost Group, Yusran Pare.

Puluhan karangan bunga dari berbagai instansi kementrian, DPR RI dan perusahaan yang memenuhi kawasan Mahligai Pancasila menambah semarak pelantikan tersebut.

Bahkan pengamanan pelantikan tersebut ekstra ketat. Semua undangan harus menjalani pemeriksaan seluruh barang bawaan dengan metal detector. Puluhan petugas Kepolisian gabungan Poltabes dan Polda Kalsel lengkap dengan mobil water cannon bersiaga di semua jalur masuk kawasan tempat pelantikan.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s