Tim Bentukan Hatta Akan Tinjau Pulaulaut

Posted: January 27, 2011 in Berita

– Penolakan warga jadi pertimbangan

– Satgas masih menyusun langkah

BANJARMASIN-Menteri Negara (Meneg) Lingkungan Hidup, Prof Gusti Mohammad Hatta meminta semua pihak, baik pemkab dan perusahaan menghormati kebijakan DPRD Kotabaru yang menghentikan rencana penambangan Pulaulaut tersebut sambil menunggu kajian mendalam tim yang dibentuknya.

Menurut menteri asli banua itu, saat ini pihaknya sudah membentuk tim khusus yang akan melalakukan peninjauan ke lokasi untuk melihat dari sisi geografis serta data-data pendukung lain.

“Tolong semua pihak menghormati keputusan DPRD tersebut, sambil menunggu hasil kajian tim KLH,” katanya usai menghadiri pelantikan Gubernur Kalsel di Mahligai Pancasila, Minggu (8/8) kemarin.

Ditanya apan timnya bakal turun ke lokasi, dia tidak mau memberitahu. Menurutnya, peninjauan itu akan dilakukan secara diam-diam agar tidak diketahui siapapun juga khususnya pihak perusahaan.

Meski begitu, dia berjanji tim tersebut dalam wkatu dekat sudah berada di Kotabaru. Dengan harapan keputusan soal pertambangan tersebut bisa diselesaikan dengan cepat.

Bahkan pihaknya juga tidak akan segan-segan membatalkan rencana penambangan tersebut, jika hasil kajian tim bentukkannya itu menemukan kesalahan maupun penyimpangan dalam administrasi yang dikeluarkan pemkab setempat.

Oleh karena itu, imbuh Hatta, kerasnya desakan masyarakat yang menolak rencana penambangan tersebut juga menjadi pertimbangan pihaknya untuk mengambil kebijakan.

“Kalau proses awalnya sudah salah, otomatis selanjutnya juga salah. Kasihan lingkungan ini sudah rusak parah, sehingga jangan diperparah lagi,” cetusnya.

Sementara itu, Sekretaris Satgas anti mafia hukum Denny Indrayana tetap akan melakukan penelisikan terhadap dugaan praktik penyimpangan terhadap rencana penambangan tanah kelahirannya itu.

“Satgas tetap akan menelisik beragam dugaan rencana penmbangan di Pulaulaut itu,” terangnya.

Sayangnya dia tidak merinci dugaan tersebut. Namun, dengan adanya sejumlah kejanggalan tersebut, menjadi dasar awal timnya untuk melakukan pengusutan terhadap masalah itu.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s