Konversi Gas Menunggu Evaluasi

Posted: January 30, 2011 in Berita

– Penarikan 9 juta tabung gas

BANJARMASIN-Pemberlakukan peralihan minyak tanah ke gas (konversi) di Kalimantan Selatan, menunggu hasil evaluasi dan program penarikan 9 juta tabung yang dilakukan pemerintah pusat. Jika dinyatakan aman, maka Kalsel bakal mengikuti program tersebut.

Menurut Gubernur Rudy Ariffin, penundaan pemberlakuan konversi di banua ini juga membawa manfaat. Artinya, banyaknya persitiwa ledakan tabung gas ukuran 3 kilogram di berbagai daerah di Indonesia, tidak sampai menjalar di Bumi Lambung Mangkurat ini.

“Waktu mau pemberlakuan kemarin, kami minta toleransi hingga awal 2011. Karena banyak yang harus dipersiapkan, mulai dari peralatan hingga data warga yang berhak menerima,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, persoalan pemberlakukan tersebut juga masuk dalam pertemuan gubernur se-Indonesia dengan Presiden dan anggota kabinet di Mataram tersebut.

Dipastikan tahun depan sudah bisa dilaksanakan di Kalsel. Karena tim yang dibentuk pemprov untuk menyiapkan pemberlakuan konversi tersebut sudah bekerja dengan melakukan pendataan.

Begitu juga tempat pengisian. Menurut orang nomor satu di banua itu, pihak Pertamina berjanji menyiapkan tempat untuk melakukan pengisian tersebut sesuai dengan standart.

“Insa Allah tahun depan disini sudah bisa diberlakukan. Selain data warganya, juga tempat pengisian yang memenuhi standart sudah ada,” terangnya.

Dia berharap, peralatan untuk menggunakan tabung tersebut juga harus aman. Artinya mulai dari tabung hingga selang yang dibagikan kepada masyarakat, kualitasnya harus benar-benar terjamin sehingga aman digunakan.

“Dengan banyaknya musibah ini masyarakat juga bisa belajar, bagaimana menggunakan tabung itu secara aman,” tandas Rudy.

Sementara itu, Karo ekonomi pemprov Kalsel Arbainsyah saat dihubungi mengatakan pihaknya masih kordinasi dengan tim terpadu yang berasal dari BI dan Pertamina untuk persiapan konversi tersebut dengan melakukan pendataan masyarakat.

“Sampai saat ini tim masih bekerja, baik pendataan maupun dalam rangka penyiapan stasiun pengisian elpijinya,” terangnya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s