Kuin Menjadi Desa Wisata

Posted: January 30, 2011 in Berita

– 11 desa wisata di Kalsel

BANJARMASIN-Hilir mudik truk pengangkut kayu menjadi pemandangan yang akrab dilihat warga Kuin Utara. Karena, jalan tersebut merupakan salah satu jalur utama yang menghubungkan ke wilayah Alalak yang masyarakatnya berprofesi sebagai pengerajin kayu olahan.

Aktifitas masyarakat di sungai seperti mandi dan mencuci pakaian, menjadi kegiatan rutin sehari-hari masyarakat yang tinggal di bagian ujung wilayah kota Banjarmasin tersebut.

Desa yang wilayahnya terbelah Sungai Martapura itu, memiliki sejarah penting bagi Banjarmasin. Selain objek wisata religius Masjid Sultan Suriansyah, sekaligus makam raja Banjar pertama yang masuk yakni Sultan Suriansyah.

Selain itu, aktifitas sebagian masyarakat membuat aksesoris gantungan kunci maupun peralatan tradisional seperti tajau (guci), menjadi pemandangan yang arif bagi warga.

Tak heran, jika kelurahan Kuin Utara tersebut terpilih sebagai desa wisata. Desa yang masuk wilayah kecamatan Banjarmasin Utara itu, merupakan salah satu dari 11 desa di Kalsel yang mendapatkan perhatian khusus dari Departemen Pariwisata untuk pengembangan objek wisata.

“Tahun 2010 ada 6 desa, termasuk Kuin Utara. Dan tahun 2011 nanti bertambah menjadi 11 desa yang akan menjadi desa wisata,” kata Kepala dinas pariwisata Kalsel, Bihman Mulyansyah.

Dengan terpilihnya desa tersebut, pemerintah pusat bakal menggelontorkan dana sebesar Rp 100 juta untuk pengembangan potensi wisata di desa tersebut.

Pemilihan desa itu, melalui seleksi dan peninjauan ke lapangan. Karena, sebelum diajukan sebagai desa wisata daerah tersebut memang benar-benar memiliki potensi wisata seperti nilai sejarah maupun daerahnya sangat eksotik.

Selain Kuin Utara, yang masuk menjadi desa wisata tersebut diantaranya Kampung Melayu, dua desa di Kelampayan, Tanuhi, Harati, Kamiri maupun Balamian.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s