Muchlis Jadi Gubernur Sementara

Posted: January 30, 2011 in Berita

– Pelantikan diundur 3 hari

BANJARMASIN-Sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Kalsel, HM Muchlis Gafuri dipastikan bakal menduduki jabatan gubernur selama 3 hari sampai ada pelantikan gubernur terpilih dalam Pemilukada 2 Juni lalu.

Hal itu dilakukan untuk mengisi kekosongan kepala daerah. Mengingat pelantikan Rudy Ariffin dan Rudy Resnawan yang dijadwalkan digelar Kamis (5/8) nanti bakal diundur selama 3 hari hingga Minggu (8/8), dengan alasan Mendagri Gamawan Fauzi harus mengikuti rapat kabinet dan gubernur se-Indonesia bersama Presiden SBY.

Sedangkan masa tugas Rudy Ariffin-Rosehan NB berakhir, Kamis (5/8) tersebut. Biar tidak terjadi kekosongan kepala daerah, Sekdaprov yang bakal menjalankan tugas pemerintahan tersebut hingga adanya pelantikan.

Kepastian penundaan pelantikan tersebut juga sudah diterima gubernur terpilih, Rudy Ariffin. Saat menghubungi BPost, Rabu (28/7) petang, Rudy yang baru tiba dari Mataram mengatakan, rencana penundaan tersebut sudah disampaikan langsung Mendagri.

“Kemarin saat di Mataram, pak Gawaman sudah memberi tahu kalau ada penundaan. Karena pak Menteri harus mengikuti rapat kabinet bersama Presiden,” katanya.

Rudy juga menegaskan, penundaan pelantikan tersebut karena ada agenda yang tidak bisa ditinggalkan Mendagri. Sehingga acara pelantikan tersebut yang harus diundur sementara.

Ditanya pengisi jabatan sementara gubernur Kalsel, menurut Rudy bakal dipegang Sekdaprov HM Muchlis Gafuri. Namun, tetap dalam pengawasan Mendagri.

“Untuk pemerintahan dipegang pak Sekda. Kalaupun ada yang sifatnya kebijakan ya akan dipandu Mendagri. Tapi kan hanya tiga hari saja,” tukas Rudy.

Dengan adanya penundaan pelantikan tersebut, secara otomatis sejumlah daerah yang harus menggelar pelantikan beriringan seperti pemkab Banjar, juga harus menyesuaikan.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s