BPKP Mintai Keterangan Mantan KPA

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Terkait dugaan korupsi Disdik kota Banjarmasin

BANJARMASIN, BPOST-Pengusutan dugaan korupsi di kantor dinas pendidikan (Disdik) kota Banjarmasin kian menemukan titik terang. Beberapa hari lalu, Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) memeriksa sejumlah mantan pegawai Diknas yang mengetahui proyek pembuatan pembuatan nomor induk standart nasional (NISN).

Pemeriksaan tersebut untuk mendukung hasil audit yang dilakukan BPKP, terkait adanya kerugian negara yang menjadi kunci utama penentuan siapa yang harus bertanggung jawab terhadap proyek nasional yang menggunakan anggaran tahun 2008 lalu.

Informasi yang berhasil dihimpun BPost di Mapolresta, Senin (17/1) kemarin BPKP memanggil sejumlah pegawai Diknas yang dianggap tahu pelaksanaan proyek nasional itu ke Sat Reskrim Polresta Banjarmasin.

Salah satunya adalah Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Rudy Ichwansyah. Pria yang saat ini bertugas di kantor BKPMPD itu dianggap mengetahui pelaksanaan proyek yang diduga merugikan keuangan negara tersebut.

Saat pelaksanaan proyek, yang bersangkutan mengomando seluruh kegiatan tersebut. Karena Kepala Diknas saat itu Iskandar Zulkarnain, mendekam di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin karena kasus dugaan korupsi dana DAK.

Selain dianggap mengetahui, juga dianggap bertanggung jawab seluruh kegiatan itu. Termasuk modus memecah anggaran untuk menghindari proses lelang pembuatan kartu siswa itu.

Kemudian, para tim audit BPKP juga melakukan inestigasi baik ke Diknas maupun ke beberapa sekolah untuk melakukan pengecekan proyek kartu siswa itu.

Diharapkan dalam waktu beberapa hari lagi sudah bisa diketahui berapa kerugian negara yang ditimbulkan proyek tersebut, termasuk siapa saja yang harus bertanggung jawab terhadap proyek itu.

Proses audit dan pemeriksaan yang dilakukan BPKP tersebut, untuk melengkapi pengusutan yang dilakukan unit Tipikor Sat Reskrim Polresta Banjarmasin yang sudah memintai keterangan 12 saksi baik dari pegawai Diknas kota Banjarmasin maupun pihak rekanan.

“Kuncinya ya hasil audit BPKP itu. Informasinya sebentar lagi selesai, karena kemarin sudah turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan dan memintai keterangan KPA,” ujar salah seorang anggota reskrim.

Terpisah, Kepala Disdik kota Banjarmasin Nur Ipansyah saat dihubungi BPost mengaku tidak tahu adanya pemeriksan yang dilakukan pegawai BPKP terkait dugaan korupsi tersebut.

“Wah, saya tidak tahu hal itu. Karena sampai sekarang tidak ada kordinasi,” katanya melalui pesan singkatnya.

Sejak awal, Ipansyah mengakui tidak tahu proyek tersebut. Karena saat itu dirinya hanya sebagi Pelaksana tugas (Plt), menggantikan posisi Iskandar Zulkarnain yang masuk Lapas.

Saat itu dirinya hanya menyediakan data siswa yang bakal dibuatkan kartu berstandart nasional itu. Untuk urusan proyek pengadaan barang tersebut, sepenuhnya menjadi kewenangan KPA.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s