Dua Duda Jualan 5 Gram Sabu

Posted: February 5, 2011 in Berita

Dua Duda Jualan 5 Gram Sabu

– Untuk biaya hidup anak

BANJARMASIN, BPOST-Menjadi single parent ternyata membuat Didit (33), kerepotan. Selain memberikan pendidikan buat sang buah hati hasil pernikaannya, dirinya juga harus mencukupi keperluan hidup sehari-hari.

Kerepotan tersebut membuat warga Jalan Sutoyo S kompleks Mutiara RT24 nomor 39 Banjarmasin itu, nekad menekuni bisnis terlarang. Bapak satu anak itu berprofesi sebagai kurir narkoba.

Sayangnya, belum lama menekuni pekerjaan sampingan itu, dirinya keburu ditangkap jajaran unit II Sat narkoba Polresta Banjarmasin di rumahnya, Sabtu (15/1) pukul 15.20 Wita.

Dalam penangkapan yang dipimpin Kanit II, Iptu Andre Hutagalung itu menemukan satu paket besar sabu seberat 5 gram yang akan diantar kepada pemesan yang menghubungi melalui telfon.

Selain itu, petugas juga berhasil menangkap rekannya, Zainal Abidin (34) warga Jalan Kelayan A Gang Setuju RT15 nomor26 yang saat itu sedang menunggu Dididt di depan gang rumahnya.

Dalam pengakuannya, dia yang baru pertama kali kesandung masalah hukum itu nekad menjalani bisnis terlarang karena untuk mencukupi keperluan hidup keluarganya. Sebab selain memikirkan pendidikan sang anak, dirinya harus memenuhi keperluannya sehari-hari.

“Ya beginilah kalau hidup sendiri. Selain mendidik anak, saya juga harus bekerja untuk mencukupi keperluan keluarga,” ujarnya.

Sedangkan penghasilannya sebagai buruh angkut tidak bisa diharapkan lagi. Mengingat saat ini kondisinya sunyi yang memerlukan jasanya, mengangkut barang.

Barang tersebut didapatkan dari seseorang yang sudah lama dikenalnya. Dia mendapatkan satu paket tersebut dengan uang sebesar Rp 6 juta.

Hal senada dikatakan, Zainal Abidin. Dirinya yang juga berstatus duda satu anak, rela menjadi perantara bagi orang yang memerlukan narkoba khususnya sabu.

“Hasil menunjukan barang itu saya dapat upah, meskipun tidak besar ya cukup untuk tambahan penghasilan. Biasanya Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu, tergantung banyak atau sedikitnya pembelian,” terangnya.

Sementara itu Kasat Narkoba Polresta Banjarmasin, Kompol Christian Rony melalui Kanit II Iptu Andre Hutagalung, penangkapan itu atas informasi masyarakat jika di rumah tersebut ada transaksi narkoba.

Petugas yang datang ke lokasi awalnya tidak menduga kalau tersangka memiliki satu paket sabu seberat 5 gram. Karena, saat petugas datang tidak ada tanda-tanda mencurigakan.

“Pas kita geledah ternyata ada satu paket besar sabu, yang saat itu mau diantar kepada pemesan. Karena salah satu perantaranya sedang menunggu di depan gang, yang akhirnya bisa ditangkap petugas,” katanya.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal 114 ayat 1 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s