Kesenian Warga Ditampilkan

Posted: February 5, 2011 in Budaya

PERAYAAN hari jadi ke-51 kabupaten Barito Kuala yang digelar di halaman kantor bupati, Selasa (4/1) berlangsung meriah. Ratusan undangan dan warga berbaur menjadi satu memenuhi halaman kantor orang nomor satu di Bumi Selidah itu.

Tampak hadir di tengah-tengah warga, Gubernur Kalsel Rudy Ariffin, Ketua DPRD Kalsel Nasib Alamsyah, sejumlah anggota DPR RI asal Kalsel dan para anggot DPD RI asal Banua seperti Gusti Farid Hasan Aman serta sejumlah bupati di Kalsel.

Para warga dan undangan, terbius dengan pergelaran kesenian daerah yang ditampilkan masyarakat Batola yang merupakan perpaduan masyarakat lokal dengan warga transmigran baik dari Jawa, Bali dan Lombok.

Mereka menampilkan kesenian khasnya masing-masing. Seperti penampilan reog asal Ponorogo, kuda lumping, tari topeng khas Dayak Bakumpai hingga tari kecak asal Pulau Bali.

Seperti perayaan-perayaan tahun dahulu, sebelum acara inti dimulai panitia menampilkan pawai seluruh penghasilan masing-masing daerah yang menjadi unggulannya yang diusung menggunakan mobil.

Misalnya kecamatan Anjir Muara yang dikenal sebagai penghasil rambutan dan buah kuweni. Mobil pick up dihiasi dengan untaian rambutan buah kuweni tersebut.

Termasuk beberapa kecamatan lainnya, seperti kecamatan Cerbon sebagai penghasil sentra produksi jeruk. Untain jeruk yang diikat dengan kawat itu, menghiasi seluruh tubuh mobil yang digunakan konvoi tersebut.

Selain kecamatan, konvoi yang mengelilingi kota Marabahan tersebut juga diikuti seluruh dinas di lingkungan pemkab Batola. Mereka menunjukan ciri khusus bidang tugasnya masing-masing.

Meski hanya iring-iringan mobil yang dihiasi, namun menyedot perhatian masyarakat. Baik yang berkumpul di halaman kantor bupati, maupun berjajar di pinggir jalan yang menjadi rute perjalanan konvoi tersebut.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s