Kurir 3 Ons Sabu Divonis 11 Tahun

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Bengong mendengar vonis hakim

BANJARMASIN, BPOST-Dua kurir sabu seberat 3 ons, M Guntur (46) dan temannya Budiannoor alias Budi (20) hanya terdiam ketika mendengar ketua majelis hakim, Suswanti menjatuhkan vonis 11 tahun penjara.

Keduanya terdakwa yang mengenakan kemeja putih yang dilapisi rompi warna orange, hanya bengong ketika ketua majelis hakim menanyakan upaya hukum yang bakal ditempuhnya untuk menyikapi vonis tersebut.

Hingga majelis hakim mengetukan palu sebagai tanda sidang selesai, tak sepatah katapun meluncur dari bibirnya. Usai berjabat tangan dengan majelis hakim, keduanya memilih ngeloyor meninggalkan ruang sidang dengan pengawalan petugas Kejari.

“Kalau kalian bingung, silakan dipikir dulu menjalani vonis itu atau akan melakukan banding. Tapi kalian hanya diberi waktu 7 hari untuk menentukan sikap,” kata Suswanti.

Bahkan saat ditanya tanggapannya terkait vonis tersebut, dirinya hanya bungkam. Keduanya terus menyusuri jalan di kantor Pengadilan Negeri (PN) Banjarmasin untuk menuju ruang tunggu tahanan.

Vonis yang dijatuhkan majelis hakim tersebut lebih dari rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU), Asep terhadap kedua terdakwa selama 15 tahun penjara.

Karena secara meyakinkan, keduanya menjadi kurir peredaran barang haram tersebut sebanyak 3 ons sabu. Keduanya menerima upah setelah mengedarkan barang tersebut.

Vonis tersebut merupakan sanksi perdana yang terberat di tahun 2011 untuk kasus narkoba di wilayah Banjarmasin. Pada tahun 2010, PN Banjarmasin telah menyidangkan 426 kasus narkoba. Adapun vonis yang paling tinggi selama 17 tahun penjara untuk terdakwa Liongliong dan yang paling ringan selama 6 bulan untuk terdakwa Ridwansyah.

Meski hanya sebagai kurir, keduanya diberi sanksi yang cukup berat karena barang bukti yang berhasil ditemukan petugas Sat Narkoba Polresta Banjarmasin sebanyak 3 ons sabu.

Rencananya barang haram senilai sekitar Rp 500 juta itu bakal diedarkan di wilayah kota seribu sungai. Barang tersebut berasal dari Jakarta, yang dibawanya menggunakan kapal laut pada Agustus 2010 lalu.

Upaya tersebut berhasil digagalkan petugas Sat Narkoba Polresta Banjarmasin. Saat turun dari KM Kumala yang bersandar di bibir dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, M Guntur (46) warga Jalan Kampung Melayu Darat Gang IV RT7, dan Budiannoor alias Budi (20), warga Desa Sungai Kali RT3 Barambai Batola berhasil ditangkap.

Sabu yang terdiri tiga bungkus besar plastik transpan dan dilapis koran itu diselipkan di dalam lipatan handuk yang disimpan dalam tasnya.

Kepada petugas, Guntur dan Budi mengaku kalau dirinya disuruh mengambil sabu tersebut ke Jakarta oleh temannya yang berinisial Iy dengan imbalan upah.***

Jejak Kasus

– 4 Agustus, mereka bertolak ke Surabaya menggunakan kapal laut.

– Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Jakarta.

– Diberi uang saku sebesar Rp 3 juta

– Kemudian kembali ke Surabaya dan menuju Banjarmasin

– 11 Agustus ditangkap Sat Narkoba di Pelabuhan Trisakti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s