Menunggu Restu Dishub Provinsi

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Terkait rencana perubahan jalur satu arah

– Rambu lalulintas sudah siap

BANJARMASIN, BPOST-Realisasi rencana perubahan jalur satu arah yang mengelilingi kawasan Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin, tinggal selangkah lagi.

Rekayasa lalulintas yang digagas Sat Lantas Polresta Banjarmasin dan Dishub kota ini, tinggal menunggu restu dari Dishub provinsi Kalimantan Selatan.

Hal itu dikatakan Kabid manajemen dan operasional Dishub Kota Banjarmasin, Saukani kepada BPost. Menurutnya, rekomendasi tersebut diperlukan lantaran jalur yang diubah itu merupakan jalan provinsi.

“Jalan itu kan statusnya milik provinsi, jadi kita izin dulu dan saat ini sedang menunggu rekomendasi dari Dishub provinsi dan Ditlantas Polda,” katanya.

Terkait infrastruktur tau perlengkapan seperti rambu-rambu lalulintas, menurut Saukani sudah siap. Karena, sejak awal rencana pemberlakuan perubahan arus itu sejak pertengahan Januari lalu.

Lantaran status jalan tersebut milik provinsi, maka pihaknya harus memenuhi persyaratan administrasi salah satunya harus mengantongi rekomendasi pemilik wilayah.

Jika rekomendasi tersebut sudah dikatongi pihaknya, maka petunjuk jalur tersebut angsung dipasang. Secara otomatis, perubahan jalur tersebut langsung diberlakukan.

“Kalau rambu-rambu sudah siap, jika rekomendasi itu turun langsung kami pasang,” tandasnya.

Disinggung kapan rekomendasi tersebut dipastikan turun, Saukani enggan mengandai-andai. Dengan diplomatis, dia mengatakan saat ini sedang proses finishing di Dishub provinsi Kalsel.

Sementara itu, perubahan jalur satu arah tersebut untuk mengurangi kawasan macet meskipun jalur yang bakal ditempuh warga sedikit lebih jauh.

Seperti di bundaran Haryono MT dekat Sabilal Muhtadin. Selain jalurnya sempit, belokan tersebut sering membingungkan yang berdampak pada macetnya arus lalulintas baik pagi, siag maupun sore.

Kejadian serupa juga sering mewarnai di bundaran tugu KB Jalan Sutoyo S. Kendaraan baik yang menuju dalam kota, maupun ke arah Pelabuhan Trisakti sering menumpuk di kawasan itu.

Begitu juga di bundaran Jalan Taman Sari dan AS Musyafa. Selain kawasannya sempit, juga banyak pulau jalan yang mengganggu pengendara khususnya mobil.

“Dampaknya sedikit lebih jauh, tapi untungnya jalur tidak macet,” terang Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol I Kade Utama Sik.

Sudimampir Menyusul

Perubahan jalur dipastikan tidak hanya di kawasan Masjid Sabilal Muhtadian saja. Sat Lantas Polresta Banjarmasin, sedang menyusun perubahan jalur di kawasan Pasar Sudimampir.

Kawasan yang sering membuat kemacetan arus tersebut bakal diubah. Yakni, bakal menjadi satu arah dengan sistem berkeliling. Bahkan, pengendara yang masuk kawasan tersebut hanya untuk belanja saja, bukan berkeliling kota seperti selama ini.

“Kami juga sedang menyiapkan draft untuk jalur di Sudimampir. Nanti juga searah, biar tidak berjubel seperti sekarang ini,” terang Kasat Lantas, Kompol I Kade Utama Sik.

Jika arusnya tidak diubah, imbuh Kade, kawasan tersebut bakal tetap macet. Selain ada kendaraan yang parkir, juga dipenuhi dengan kendaraan yang seliweran di areal itu.

“Kendaraan orang belanja dan yang melintas campur jadi satu, makanya macet banget dan susah dikendalikan. Salah satu solusinya ya diubah arusnya,” tandasnya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s