Pecatan Kejari Jualan Sabu

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Termasuk mantan istri dan dua temannya

BANJARMASIN, BPOST-Dua kali mendekam di balik jeruji besi Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, tidak membuat Awang Sujai Khairul (41) jera. Pecatan pegawai negeri sipil (PNS) kejaksaan negeri Banjarmasin itu, Sabtu (8/1) pukul 20.00 Wita kembali tertangkap karena kasus kepemilikan 2 paket sabu.

Dia yang baru saja menghirup udara bebas karena kasus serupa setelah dua tahun menjalani hukuman penjara, berhasil ditangkap jajaran unit II Sat Narkoba Polresta Banjarmasin di rumahnya di Jalan Belitung Darat Gang BKIA Banjarmasin.

Dalam penangkapan yang dipimpin langsung Kanit II, Iptu Andre Hutagalung itu, petugas juga berhasil menangkap mantan istri Awang Maina Antika (39) dan dua pria gemulai yang merupakan temannya, Tubagus Yudhi Wahyudhi (29) dan Ahmad Gafuri (43).

Dalam pengakuan Ahmad Gafuri alias Mama Benny, dirinya tidak menyangka jika bakal tertangkap. Dirinya yang berprofesi sebagai pegawai salon itu, mencarikan barang haram tersebut lantaran membantu temannya saja. “Saya tidak dapat upah. Saya nekad memesankan barang itu demi pertemanan,” ujarnya.

Meskipun diakuinya, teman yang memesan barang tersebut memberikan uang sebesar Rp 300 ribu. Namun, uang tersebut hanya dibelikan barang seharga Rp 200 ribu.

Untuk membantu teman mendapatkan barang tersebut, Ahmad Gafuri menghubungi Maina Antika alias Ina yang merupakan janda Awang. Dia yang memesankan barang tersebut kepada mantan suaminya itu.

“Saya memang bukan pemakai, makanya tidak tahu yang jualan. Saya minta tolong Ina untuk mencarikan barang itu kepada mantan suaminya,” terangnya.

Sementara itu, Kasubag Humas Polresta Banjarmasin Iptu Siti Rohayati mengatakan, penangkapan itu berawal saat petugas mendapatkan informasi adanya transaksi narkoba di dekat panti asuhan Sentosa Jalan Cendrawasih.

Saat petugas datang, berhasil menangkap Ahmad Gafuri bersama satu paket sabu dan uang Rp 100 ribu. Dari hasil penangkapan itu dikembangkan, hingga petugas berhasil menangkap ketiga temannya yang merupakan jaringan peredaran narkoba.

“Yang pertama kali ditangkap ya Mama Benny itu. Dari tangan dia petugas menemukan 1 paket sabu dan uang Rp 100 ribu yang diduga hasil transaksi,” katanya.

Dari pengakuanya, dia mendapatkan barang tersebut dari Maina Antika. Setelah melakukan pendekatan, ternyata yang bersangkutan mendapatkan barang tersebut dari mantan suaminya bernama Awang setelah minta izin temannya bernama Tubagus Yudhi.

Di rumah Awang itulah petugas mendapatkan dua paket sabu, yang siap antar. Kedua paket barang haram tersebut sebesar 1 gram. Sehingga total barang yang berhasil ditemukan petugas sebanyak 1,5 gram.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s