Pencukil Jok Kendaraan Ditangkap

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Saat mau beraksi di Pantai Jodoh

BANJARMASIN, BPOST-Rencana Supian alias Lancing (42) untuk melakukan aksi mencukil jok kendaraan yang terparkir di Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Pantai Jodoh Banjarmasin gagal.

Warga Jalan Dahlia Gang Budaya blok I RT33 Banjarmasin itu keburu digerebek anggota Jatanras Sat Reskrim Polresta Banjarmasin, Senin (24/1) pukul 12.00 Wita.

Saat ditangkap, pria yang sudah dua kali masuk ke LP Teluk Dalam Banjarmasin karena kasus perkelahian dan sajam itu sedang mencari sasaran kendaraan yang bakal dijarahnya.

Dalam penangkapan yang dipimpin langsung Kanit Jatanras Aiptu Ganef Brigandono, petugas menemukan kunci T yang cukup lancip. Apalagi benda yang biasa digunakan untuk beraksi itu cukup tajam.

“Ya pakai alat ini untuk membuka jok atau pintu mobil yang terparkir,” katanya.

Ilmu kejahatan tersebut diperolehnya saat mendekam di balik jeruji besi LP Teluk Dalam Banjarmasin tahun 1987 dan tahun 2003 lalu. Para penghuni hotel prodeo tersebut mengajari membuat alat itu.

Setelah dirinya bebas dipraktekannya. Dengan peralatan tersebut, bapak dua anak itu sudah mencokel beberapa kendaraan dan mobil untukmenggasak isi kendaraan tersebut.

“Mau bagaimana lagi, pekerjaan tidak ada. Paling-paling hanya membantu istri jualan gorengan saja,” cetusnya.

Sementara itu, Kasat reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Suhasto melalui Kanit Jatanras Aiptu Ganef Brigandono mengatakan, penangkapan tersebut berawal laporan salah seorang nasabah Bank Lippo yang kecurian uang di dalam mobil dengan modus dicongkel menggunakan kunci T tersebut.

Setelah dilakukan lidik mengarah kepada tersangka. Apalagi, berdasarkan jejak kasus dirinya cukup dikenal ahli masalah tersebut.

“Saat anggota melakukan pencarian ketemu di Pantai Jodoh itu, dia mendekati kendaraan,” katanya.

Saat mau ditangkap tersangka sempat mengelak. Namun setelah digeledahternyata ditemukan peralatan tersebut, dan saat dipraktekan ternyata dengan mudah membuka jok kendaraan maupun pintu mobil.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s