Polisi Kesulitan Melacak Rampok Batavia

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Terkendala tidak ada CCTV

BANJARMASIN, BPOST-Setengah bulan peristiwa perampokan kantor cabang Batavia Air Banjarmasin berlalu. Hingga kini jajaran Kepolisian Polresta Banjarmasin, belum berhasil mengungkap pelaku kejahatan yang berhasil membawa kabur uang senilai Rp 90 juta.

Belum terungkapnya kasus perampokan itu, menambah daftar panjang dan pekerjaan rumah tahun 2011 jajaran Kepolisian Polresta Banjarmasin dalam menangani peristiwa serupa di kota ini.

Meski jajaran reskrim sudah memintai keterangan semua karyawan kantor tersebut, petugas juga belum bisa melacak keberadaan kawanan perampok yang berjumlah empat orang tersebut.

Kesulitan yang dihadapi petugas tidak adanya kamera atau CCTV dalam kantor tersebut. Bahkan dari sejumlah karyawan yang dimintai keterangan, hanya satu orang saja yang bisa menjelaskan ciri-ciri fisik pelaku.

“Kesulitan petugas karena CCTV di kantor itu tidak ada. Jadi ya susah untuk menggambarkan wajah para pelaku,” ujar Kasubag Humas Polresta Banjarmasin, Iptu Siti Rohayati.

Meskipun petugas berhasil melukiskan wajah salah satu pelaku dalam bentuk sketsa. Namun, hal itu belum menunjukan hasil yang menggembirakan karena petugas belum berhasil mendeteksi keberadaan jaringan palaku tersebut.

Sketsa wajah tersebut berhasil dilukiskan berdasarkan cerita salah seorang karyawan bernama Andi Ahmad, yang saat kejadian berada di lantai II kantor berbentuk rumah toko (Ruko) di Jalan A Yani Km4 Banjarmasin itu.

Saat itu, Andi Ahmad yang bertugas di bagian keuangan itu didatangi salah seorang pelaku yang menanyakan keberadaan pimpinan kantor tersebut.

Belum sempat dirinya menjawab, pemuda yang tinggal di Antasan Kecil Barat RT09 nomor 2 Banjarmasin keburu dicekik dan kemudian kedua tangan dan kakinya diikat menggunakan tali.

“Sketsa ini pengakuan salah seorang saksi. Karena menggunakan helm, sehingga kepalanya pelontos,” terang Rohayati.

Sebelumnya, Kasat Reskrim Polresta Banjarmasin Kompol Suhasto Sik mengatakan pihaknya sedang berkordinasi dengan jajaran Kepolisian daerah lain untuk melakukan pelacakan dan pengejaran.

Karena, pihaknya mensinyalir kawanan perampok tersebut sudah berada di luar wilayah kota Banjarmasin untuk mengamankan diri. Sehingga terus melakukan kordinasi dengan satuan lain guna melakukan pengejaran.

“Para pelaku diduga sudah berada di luar Kalsel, makanya kita kordinasi terus dengan anggota lain untuk melakukan pengejaran,” terangnya.

Pasang CCTV

Sejumlah kasus serupa kantor cabang Batavia Air Banjarmasin, seperti perampokan Bank Mandiri Cabang Pelindo, kantor Sampoerna belum terungkap. Kesulitan yang dihadapi petugas masih sama, yakni tidak adanya kamera atau CCTV yang bisa mengenali wajah para pelaku.

Diharapkan, kantor-kantor maupun bank yang memiliki aktifitas tinggi memasang kamera. Begitu juga kantor yang memiliki tingkat transaksi cukup besar, diharapkan ada petugas Satpam.

Hal itu untuk kepentingan perusahaan yang bersangkutan. Artinya, jika terjadi tindak pidana maka petugas juga bakal cepat melakukan pengungkapan. Lantaran bisa dikenali melalui wajah yang berhasil terekam kamera tersebut.

“Ini pelajaran bagi kita semua. Makanya tolong kantor baik bank maupun perusahaan, punya kepedulian terhadap keamanan tersebut dengan memasang kamera CCTV,” pinta Siti Rohayati.

Sebab jika hanya mengandalkan ingatan korban maupun saksi mata, petugas tetap kesulitan. Karena jarang, korban dan saksi yang mampu menggambarkan dengan detail ciri-ciri pelaku kejahatan tersebut.

“Mereka kan shock, bagaimana bisa menjelaskan dengan detail. Kalau ada CCTVnya kan lumayan mudah. Selain untuk kenyamanan juga untuk membantu petugas jika terjadi tindak pidana,” terangnya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s