Polisi Proses Dugaan Kelebihan Muatan

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Terkait truk yang terjungkang

BANJARMASIN, BPOST-Sat Lantas Polresta Banjarmasin bakal mengusut dugaan kelebihan muatan, truk fuso pengangkut peti kemas yang terjungkang saat melintas di Jembatan Merdeka Banjarmasin, Senin (10/1) siang. Petugas menduga kejadian tersebut, tidak semata-mata karena kemacetan arus lalulintas.

Hal itu dikatakan Kasat lantas Polresta Banjarmasin, Kompol I Kade Utama Sik. Menurutnya, jika truk bernopol DA 9014 TS tersebut tidak kelebihan muatan secara otomatis bisa melintasi jembatan tersebut dengan baik meskipun kondisi macet.

“Logikanya kalau tidak kelebihan muatan bisa saja melintas walau saat itu macet,” katanya dengan nada diplomatis.

Saat ini jajarannya sedang memeriksa buku pengujian kendaraan yang dicocokkan dengan beban muatan. Karena, untuk mengetahui adanya pelanggaran atau tidak, berdasarkan buku pengujian kendaraan tersebut.

Meskipun diakui Kade, permasalahan itu sudah diselesaikan secara kekeluargaan, antara sopir fuso dengan pemilik mobil yang saat itu berada di belakang truk tersebut yang membuat beberapa bagiannya rusak.

“Korban jiwa tidak ada, dan mengenai kerusakan diselesaikan secara kekeluargaan. Tapi petugas tetap memeriksa dugaan kelebihan muatan itu,” tegasnya.

Lebih lanjut Kade menjelaskan, jembatan yang memiliki tingkat kesulitan dan rawan terjadinya musibah adalah jembatan yang tanjakannya landai seperti Jembatan Merdeka.

Kendaraan yang melintas khususnya yang mengangkut muatan, memerlukan persiapan yang cukup panjang seblum melintasi jembatan tersebut.

Selain itu, juga jembatan yang memiliki tingkat kepadatan cukup tinggi. Karena sopir tidak bisa leluasa melakukan manuver, karena banyaknya pengendara.

Ditanya jembatan yang memiliki kerawan diantaranya Jembatan Kembar di samping SPBU Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Selain belokan tajam, badan jembatan tersebut sangat sempit.

Begitu juga dengan Jembatan Pangeran. Badan jembatan yang cukup sempit, diperparah dengan kepadatan arus lalulintas di kawasan itu sangat penuh.

“Termasuk Jembatan di kawasan Teluk Dalam, dekat pasar sederhana. Itu kawasan macet dan lalulintas padat. Makanya agak rawan terjadinya kejadian seperti itu,” terangnya.

Oleh karena itu, imbuh Kade, pihaknya mengusulkan kepada instanasi terkait untuk melakukan perbaikan beberapa jembatan khususnya yang sempit dan padat arus lalulintas itu.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s