Polresta Kucurkan Dana Remunerasi Rp 4 Miliar

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Melunasi Hutang, Sisanya Biaya Anak

BANJARMASIN, BPOST-Raut kegembiraan terpancar dari wajah puluhan anggota Polresta Banjarmasin, yang sedang menunggu antrian pengambilan dana remunerasi di Mapolresta, Senin (17/1).

Sengatan sinar matahari tidak mematahkan semangat mereka. Para anggota Polisi yang mayoritas berpangkat brigadir, dengan setia dan tertib antri untuk memenuhi tahapan pencairan dana tunjangan kinerja tersebut.

Bahkan untuk menghindari sengatan matahari, mereka terlihat memanfaatkan atap parkir mobil Wakapolresta Banjarmasin maupun di sela-sela bangunan Propam untuk bernaung.

Dari pantauan BPost, tunjangan yang pencairannya dilakukan sejak Sabtu (15/1) setelah olahraga tersebut langsung mendapatkan perhatian para anggota.

Uniknya, dari puluhan atau bahkan ratusan anggota yang antri untuk mendapatkan tunjangan tersebut, tidak nampak anggota yang berpangkat perwira. Termasuk saat pengambilan Senin (17/1) pagi, masih dipenuhi dengan anggota yang berpangkat brigadir.

Salah seorang anggota Polisi mengaku sangat bersyukur dengan pencairan tunjangan tersebut. Menurutnya, hal itu sangat membantu pihaknya untuk mencukupi keperluan hidup keluarganya sehari-hari.

“Utamanya bisa melunasi pinjaman dulu. Sisanya untuk keperluan lain seperti biaya sekolah anak,” ujar salah seorang anggota yang enggan namanya dikorankan.

Hal senada dikatakan anggota lainnya. Tunjangan kinerja atau yang lebih ngetrend disebut dengan remunerasi itu, merupakan rezeki yang tidak pernah disangka-sangka.

Meski sering diusulkan untuk pencairan agar bisa memotivasi anggota, namun sering gagal. Baru kali ini, dana yang pembayarannya dikalikan 6 bulan itu baru terealisasi.

“Berapapun besarnya harus disyukuri. Karena ini benar-benar rezeki yang tidak pernah terlintas di pikiran,” terangnya.

Sesuai surat edaran Kapolri tertanggal 22 Desember 2010, pembagian tunjangan tersebut disesuaikan dengan jenjang kepangkatan. Misalnya, untuk anggota berpangkat Bripda dan Briptu mendapatkan tunjangan sebesar Rp 636 ribu dikalikan 6. Kemudian untuk anggota berpangkat Bripka dan Brigadir mendapatkan tunjangan sebesar Rp 731 ribu kali 6.

Untuk pembayaran dana remunerasi tersebut, Polresta Banjarmasin menyiapkan dana sebesar Rp 4 Miliar yang dibagikan kepada 975 anggota, mulai berpangkat brigadir hingga Kombes pol.

“Dana yang disediakan sesuai dengan jumlah anggota sebesar Rp 4 Miliar,” ujar Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Hilman Thayib melalui Kasubag Humas, Iptu Siti Rohayati.

Lebih lanjut dia mengatakan, secara khusus Kapolresta berpesan agar tunjangan tersebut diterima dengan rasa syukur. Tunjangan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi semua anggota untuk meningkatkan kinerjanya dalam mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat.

“Pesan pak Kapolresta agar pemberian tunjangan itu untuk memacu semangat dalam menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri,” pintanya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s