Uji coba Terakhir Jalur Satu Arah

Posted: February 5, 2011 in Berita

– Sekaligus Penertiban Kabel Yang Melintang

BANJARMASIN, BPOST-Rencana perubahan jalur satu arah yang mengintari Masjid Sabilal Muhtadien Banjarmasin, tinggal selangkah lagi. Pada pelaksanaan uji coba ketiga yang digelar, Kamis (6/1) hari ini pukul 13.00 Wita, bakal disertai dengan penertiban kabel yang melintang di jalan.

Penertiban kabel telfon yang membentang di jalan tersebut, untuk mengurangi gangguan kendaraan khususnya truk berbadan bongsor yang biasa mengangkut kontainer dengan ukuran tinggi.

“Besok (hari ini,Red) kita juga bakal menertibkan kabel-kabel yang melintang yang bisa mengganggu kendaraan ukuran besar,” ujar Kasat Lantas Polresta Banjarmasin, Kompol I Kade Utama Sik.

Apalagi saat ini, pihaknya dan jajaran Dinas Perhubungan (Dishub) juga sudah menyiapkan rambu-rambu lalulintas yang akan mengganti tanda yang ada sekarang ini.

Uji coba yang digelar hari ini, merupakan yang terakhir. Semua hasil pantauan dan pengawasan saat pelaksanaan uji coba tahap awal dan kedua yang mengambil waktu berbeda, bakal menjadi bahan evaluasi untuk pengesahan perubahan jalur tersebut.

“Memang masih dievaluasi, tapi dari dua kali ujicoba hasilnya cukup bagus. Kemacetan bisa berkurang, meskipun jalur lintasannya agak jauh lagi,” katanya dengan nada diplomasi.

Disinggung soal keluhan sopir kontainer, menurut Kade bakal dibahas lebih intensif lagi. Namun secara umum tidak ada permasalahan, untuk pelaksanaan jalur satu arah tersebut.

Dipastikan, median jalan atau pulau jalan yang berada di kawasan sempit bakal dibongkar. Karena dengan perubahan jalur satu arah itu, tidak lagi berfungsi lagi.

“Konsekwensinya pulau jalan ada yang dikorbankan, khususnya di jalan yang sempit seperti bundaran depan kediaman pak Kapolda. Sebab fungsi pulau jalan itu untuk membagi jalur, kalau sudah satu arah kan tidak berfungsi lagi,” terang Kade.

Perubahan jalur satu arah tersebut untuk mengurangi kawasan yang macet. Mengingat, saat ini volume jalan di kota Banjarmasin sudah tidak sebanding lagi dengan jumlah kendaraan yang beredar.

Dampaknya banyak kawasan saat jam sibuk seperti pagi, siang dan sore kemacetan tidak bisa dielakan lagi. Bahkan petugas lalulintas kewalahan mengatur arus tersebut.

Target Gang Kecil

Setelah target perubahan jalur satu arah berhasil diterapkan, jajaran Sat Lantas Polresta Banjarmasin bakal membidik sejumlah gang di wilayah kota seribu sungai sebagai jalur alternatif.

Gang-gang kecil tersebut bakal diberlakukan satu jalur. Dengan begitu, warga bisa memanfaatkan jalan tersebut untuk melntas meskipun menggunakan mobil.

“Gang-gang kecil seperti di Jalan Pangeran Samudra, Simpang Ulin harus satu jalur. Biar menjadi jalan alternatif dan tidak menimbulkan kemacetan,” urai Kade.

Masih menurut Kade, rekayasa lalulintas gencar dilakukan pihaknya. Mengingat kawasan macet dan rentan kemacetan banyak mewarnai kota Banjarmasin.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s