Banjarmasin Gagal Boyong Adipura

Posted: February 8, 2011 in Berita

– Hanya mendapatkan piagam Adipura saja

BANJARMASIN, BPOST-Impian pemko Banjarmasin untuk mendapatkan piala Adipura tahun 2010 ini tidak membuahkan hasil. Pengumuman yang akan disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Selasa (8/6) hari ini, Banjarmasin dipastikan tidak masuk dalam urutan kota yang menerima piala lambang supremasi kebersihan kota itu.

Meskipun, berbagai upaya dan keras dilakukan semua jajaran pemko Banjarmasin seperti menambah tenaga kebersihan, pembersihan drainase hingga menyebarkan tempat sampah di toko-toko maupun pasar di kota ini. Termasuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk mengolah sampah rumah tangga.

Upaya tersebut hanya memasukkan kota berpenduduk 700 ribu jiwa itu hanya masuk dalam kota yang diverfikasi oleh tim kementrian lingkungan hidup akhir Mei lalu.

Sayangnya, saat tim verifikasi melakukan peninjauan ulang disambut tumpukan sampah di bawah Jembatan Antasari hingga bisa dilintasi. Begitu juga dengan pemandangan warga yang membuang sampah di bantaran sungai.

Kepala badan lingkungan hidup (BLH) kota Banjarmasin, Rusmin Adaliwa saat dikonfirmasi mengatakan, kota Banjarmasin belum berhasil memboyong piala lambang supremasi kebersihan itu. Bahkan tahun ini hanya puas dengan mendapatkan piagam Adipura atau Best Effort saja.

“Kita (pemko,Red) hanya mendapatkan penghargaan best effor saja seperti tahun lalu,” katanya singkat.

Dia mengakui, upaya yang dilakukan satuan kerja seperti dinas perhubungan, dinas kebersihan, pengelolaan pasar dan drainase sudah bekerja secara maksimal.

Namun saat tim verifikasi datang, kondisi alam kurang bersahabat. Sungai Martapura yang membentang kota ini dalam kondisi pasang, sehingga membawa sampah rumah tangga maupun eceng gondok.

“Apesnya saat tim meninjau sungai airnya sudah surut, sehingga banyak sampah yang tertinggal. Padahal dengan masuknya dalam verifikasi itu harapan untuk mendapatkan piala sangat besar,” tukasnya.

Yudhi pun saat dimintai komentar tentang hal itu terlihat enggan. Menurutnya, yang terpenting itu melatih masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan dengan membuang sampah di tempat-tempat yang telah disediakan.

Sementara itu, tahun ini 2010 ini sebanyak 5 kota yang menjalani verfikasi. Yakni kota Banjarmasin, Barabai, Banjarbaru, Pelaihari dan Martapura.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s