Kantor Pemprov Pindah Bertahap

Posted: February 8, 2011 in Berita

– Ditargetkan rampung total 2025

BANJARMASIN, BPOST-Rencana perpindahan kantor pemerintahan provinsi (Pemprov) ke kota Banjarbaru kembali bergulir. Pro dan kontra, kembali mengusik para pegawai di lingkungan pemprov Kalsel.

Bagi pegawai yang keberatan sangat wajar. Karena sudah memiliki tempat tinggal di Banjarmasin. Begitu juga dengan anak-anak mereka yang sudah sekolah di kota seribu sungai. Jika harus pindah, maka harus mencari tempat tinggal baru. Termasuk mencarikan sekolah anaknya.

“Itu yang kami pikirkan beberapa hari ini. Kalau pindah ke Banjarbaru, kalau tidak ingin pulang pergi otomatis harus cari rumah di daerah situ,” keluh salah seorang pegawai.

Karena, sangat berat jika setiap hari dirinya harus pulang ke Banjarmasin. Sedangkan setiap pagi, harus berangkat ke Banjarbaru ntuk melaksanakan tugasnya sebagai abdi negara.

“Kalau naik mobil mungkin tidak terlalu capek. Saya kan masih naik kendaraan saja,” cetusnya sambil tersenyum.

 

Namun dirinya akan menjalani tugas tersebut, jika benar-benar kantor pemerintahan provinsi pindah ke lokasi yang sudah disiapkan pemerintah tersebut.

Sementara itu, menurut Kepala dinas pekerjaan umum (PU) Kalsel, HM Arsyadi, progres pembangunan pusat perkantoran provinsi saat ini mencapai 75 persen.

Pembangunan yang menelan biaya sebesar Rp 177 Miliar itu meliputi aula yang bisa menampung ribuan orang, dan sekretariat daerah. Termasuk kantor gubernur dan wakil gubernur Kalsel dengan 5 lantai.

“Pengerjaannya saat ini mencapai 7 persen, dan November nanti dipastikan sudah selesai,” terangnya.

Pembangunan tersebut, meliputi gedung utama yang terdiri besement dengan tiga lantai. Untik besement berukuran 6.277 meter persegi, lantai  berukuran 6.340 meter persegi, lantai II 6.130 meter persegi dan lantai III berukuran 4.540 meter persegi.

Sedangkan untuk kantor-kantor dinas dan badan, secara bertahap akan mengikuti. Mengingat lokasi yang telah disediakan pemprov untuk menampung semua satuan kerja mencapai 500 hektar.

Termasuk sarana dan prasaran penunjang seperti jalan raya, untuk memudahkan akses pegawai menuju tempat kerja. Selain itu, juga untuk memudahkan kordinasi para pegawai.

“Rencananya tahun 2011 nanti akan difungsikan khususnya untuk kantor gubernur dan wakil gubernur, serta sekretariat,” tegasnya.

Hal senada dikatakan sekretaris Bappeda Kalsel, Jasran. Di sela-sela rapat kordinasi penyusunan RPJP di kantor Bappeda, sesuai Peraturan Daerah (Perda) nomor 15 tahun 2006 tentang rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Kalsel, pembangunan pusat pemerintahan tersebut hingga 2025 nanti.

Hal itu meliputi seluruh instansi tingkat provinsi, termasuk instansi vertikal seperti Kehakiman, Kejaksaan, TNI, Polri serta perumahan para pegawai.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s