Muhidin dan Yudhi Tidak Hadiri Pleno

Posted: February 8, 2011 in Berita

– Hanya 2 calon wali kota yang datang

BANJARMASIN, BPOST-Rapat pleno terbuka dengan agenda penetapan hasil pemungutan suara pemilihn wali kota dan wakil wali kota yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin di aula lantai II kantor KPU Kalsel di Jalan A Yani Km3 Banjarmasin, Rabu (16/6) kemarin berjalan lancar.

Meski puluhan petugas Kepolisian dari Poltabes Banjarmasin, sejak pagi sudah berjaga-jaga di depan kantor penyelenggara pesta demokrasi tersebut. Termasuk kawat berduri, telah menutup pintu masuk kantor yang menjadi tempat pleno tersebut.

Karena setiap warga yang ingin memasuki kantor KPU harus menjalani pemeriksaan petugas Kepolisian maupun jajaran staf KPU. Semua orang wajib menunjukan kartu identitas. Jika tidak bisa menunjukkan maka tidak diperbolehkan masuk.

Sedangkan penetapan hasil pesta demokrasi yang dipimpin Ketua KPU Mahmud Syadazali itu, hanya dihadiri 2 calon wali kota dari 6 yang bertarung dalam Pemilukada 2 Juni lalu. Yakni Shofwat Hadi dan Zulfadli Gazali bersama calon wakilnya, Abdul Gais.

Bahkan, calon wali kota H Muhidin yang mendapat perolehan suara terbanyak dan ditetapkan sebagai wali kota Banjarmasin periode 201-2015 tidak hadir. Bahkan, hingga acara tersebut berakhir Ketua DPW PBR Kalsel itu juga tidak menampakkan diri.

Menurut calon wakil wali kota, M Irwan Anshari, yang bersangkutan sedang berada di Jakarta ada urusan yang harus diselesaikan dan tidak bisa diwkilkan. Sehingga dalam acara penetapan tersebut, hanya dirinya yang menghadiri bersama sejumlah tim sukses.

“Tadi pagi pak haji (Muhidin) telfon, kalau berada di Jakarta dan meminta agar saya yang menghadiri pleno hari ini,” katanya.

Sedangkan calon wali kota lainnya, seperti Anang Rosadi hanya diwakili Hairudin Anwar. Begitu juga dengan Immah Nordah juga tidak hadir dan diwakili Khairul Saleh. Sedangkan calon wakil wali kota unsur independen, Murjani juga diwakili Shofhat Hadi.

Pasangan Yudhi Wahyuni dan Hariyanto juga tidak hadir. Calon wali kota incumbent tersebut, hanya diwakili tim suksesnya yang selama ini mendampingi keliling ke kampung-kampung.

Meski tidak lengkap, rapat pleno tersebut tetap digelar. Berdasarkan surat keputusan KPU kota Banjarmasin bernomor 270/027/BH/KPU Banjarmasin/VI/2010 tentang penetapan calon kepala daerah terpilih menetapkan pasangan H Muhdin-Irwan Anshari sebagai calon wali kota dan wakil wali kota periode 2010-2015.

Pasangan yang diusung PBR itu mendapatkan dukungan 123.058 suara. Disusul pasangan Yudhi Wahyuni-Haryanto mendapatkan 86.126 suara, Zulfadli Gazali-Abdul Gais mendapatkan 24.567 suara, Immah Noordah-Khairul Saleh mendapatkan 7.013 suara, Anang Rosadi-Hairudin Anwar 13.720 suara dan posisi juru kunci ditempati pasangan Shofwat Hadi-Murjani yang mendapatkan dukungan 13.677 suara.

Usai mendengarkan penetapan tersebut, para kandidat yang hadir saling berjabat tangan dan berangkulan. Mereka sama-sama memberikan ucapan selamat dan permohonan maaf selama proses pesta demokrasi saling bersitegang.

“Wajar saja kalau minta maaf, kemarin pas kampanye kan saling menyindir,” kata Shofwat Hadi.

Begitu juga dengan Zulfadli Gazali. Kehadirannya bersama Abdul Gais sebagai wujud pengormatan atas proses demokrasi yang berjalan selama ini dan menghargai hasil pemungutan suara tersebut.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s