Sampah Sungai Hambat Adipura

Posted: February 8, 2011 in Berita

– Banjarmasin “terancam” tidak dapat Adipura

BANJARMASIN, BPOST-Pengumuman kota yang mendapatkan piala Adipura, akan diumumkan Sabtu (5/6) nanti. Banjarmasin yang menjadi salah satu kota yang berebut piala tersebut, dipastikan terancam tidak mendapatkan.

Karena saat tim verifikasi dari kementrian lingkungan hidup tiba, sampah yang berada di bawah Jembatan Antasari bisa dilintasi untuk jalan kaki. Lantaran saat itu, air Sungai Barito sedang surut sehingga sampah bercampur ilung menumpuk di bawah jembatan tersebut.

“Usaha pemko dan masyarakat sudah cukup bagus. Sayangnya, saat tim datang sampah di bawah jembatan menumpuk. Dan ini memang kejadian alam,” terang Kepala BLHD Kalsel, Rakhmadi Kurdi.

Awalnya, kota Banjarmasin memiliki peluang cukp tinggin untuk meraih piala tersebut. Karena setelah penilaian kedua (P2), kota seribu sungai ini masuk dalam tahap verifikasi.

Artinya, tim tersebut hanya akan mencocokkan nilai yang diperoleh saat P1 dan P2 dengan kondisi setelah penilaian tersebut. Sayangnya, kondisi alam tidak bersahabat. Karena sungai yang membelah kota Banjarmasin dalam kondisi pasang dan surut.

“Saat dinyatakan masuk verifikasi kami juga ikut senang dan optimis bisa mendapat Adipura, karena kinerja petugas cukup bagus. Tapi alam berkata lain,” cetusnya.

Hal senada dikatakan Kepala BLH kota Banjarmasin, Rusmin Adaliwa. Menurutnya, dari pelaksanaan verifikasi tersebut perolehan nilai kota Banjarmasin hanya naik 2 point saja.

“Kemarin itu hanya naik 2 point saja. Tapi semoga tim verifikasi bisa memahami kondisi alam kota ini,” katanya.

Meski begitu, pihaknya tetap konsentrasi untuk menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk tetap menjaga kebersihan sungai, yang menjadi salah satu sarana dan prasarana masyarakat.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s