Mengintip Umat Budha Persiapan Waisak

Posted: February 12, 2011 in Budaya

“Berbagi Sedekah dan Mempercantik Vihara”

KESIBUKAN di Vihara Dhammasoka Jalan Piere Tendean mulai terlihat. Puluhan warga, terlihat hilir mudik dari tempat ibadah umat Budha di kota Banjarmasin itu. Pemandangan tersebut berbeda dengan hari-hari biasa, yang nampak sepi dan lenggang dari kepadatan aktifitas.

Ada yang bersih-bersih di sekitar bangunan tersebut, seperti menyapu lantai dan lingkungan sekitar. Namun, sebagian terlihat sibuk di lantai 2 seperti menyiapkan aneka peralatan ibadah seperti lilin dan dupa.

“Biasa mas, kalau menjelang perayaan Waisak selalu sibuk dan padat kegiatan,” cetus salah seorang umat Budha sambil asyik menyusun meja.

Ya, Jumat (28/5) hari ini seluruh umat Budha merayakan Waisak. Tidak ketinggalan para umat Budha di Banjarmasin, yang sejak kemarin sudah melakukan beragam persiapan untuk merayakan hari raya tersebut.

Berbagai kegiatan telah digelar untuk memeriahkan perayaan tersebut. Seperti mempercantik Vihara, dengan melakukan aksi kebersihan di tempat ibadah tersebut.

Kemudian, juga menggelar kegiatan lain seperti bazar yang digelar para pemuda Vihara dan pelaksanaan aksi kemanusian berupa donor darah bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin.

Bahkan kemarin, para umat Budha juga melakukan kegiatan berupa menyerahkan sembako kepada warga sekitar Vihara yang memerlukan bantuan tersebut.

Sebanyak 300 paket sembako dibagikan kepada warga sekitar dan para petugas kebersihan di wilayah kota Banjarmasin. Hal itu untuk membantu meringankan keperluan hidup warga yang tingkat perekonomianya rendah.

Para petugas kebersihan tersebut, nampak senang dengan pembagian sembako tersebut. Karena, mereka mengaku terbantu dengan bantuan para umat Budha tersebut untuk meringankan keperluan hidupnya sehari-hari.

Dengan bantuan tersebut, merupakan bagian dari pelaksanaan nilai-nilai ibadah untuk menyempurnakan kehidupan agar mencapai puncak keimanan.

“Umat Budha juga diajarkan untuk membantu sesama, khususnya bagi mereka yang memerlukan,” kata Bhiku Saddhaviro Thera.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s