Nasib 43.296 Siswa Ditentukan Kamis

Posted: February 12, 2011 in Berita

BANJARMASIN, BPOST-Sebanyak 43.296 siswa SMP dan sederajat di Kalsel sedang harap-harap cemas. Karena, nasib mereka atas hasil ujian nasional (UN) yang dilaksanakan beberapa lalu, bakal ditentukan Kamis (6/5) mendatang. Apakah lulus, atau terpaksa harus mengulang karena nilanya tidak memenuhi standart yang ditentukan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Diknas Kalsel, Herman Taupan kepada BPost, Minggu (2/5). Menurutnya, saat ini data hasil nilai ujian nasional seluruh siswa SMP tersebut dalam proses finishing di Puspendik Jakarta.

“Insa Allah data tersebut akan dikirim Puspendik Selasa nanti ke Diknas provinsi,” terangnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, data tersebut akan diolah terlebih dahulu di Diknas provinsi dicocokkan dengan data berdasarkan sekolahan.

Mengingat, data yang dikirim Puspendik tersebut dalam bentuk CD saja yang memuat, nama dan nilai yang berhasil diperoleh siswa tersebut.

Selanjutnya, Rabu (5/5) data yang sudah diolah tersebut akan didistribusikan ke masing-masing kabupaten dan kota. Kemudian, langsung disampaikan ke sekolah yang bersangkutan.

“Sesuai jadwal, Kamis (6/5) hasil UN itu akan diumumkan serentak di seluruh wilayah di Kalsel,” tegasnya.

Disinggung tentang hasil kelulusan tersebut, Herman mengaku belum mengetahuinya sama sekali. Karena data hasil UN tersebut masih dalam proses penyelesaian di Puspendik.

Sedangkan komunikasi yang dilakukannya dengan para petugas di Jakarta, hanya sebatas untuk mengetahui sejauh mana proses scanning tersebut untuk disesuaikan dengan jadwal pengumuman.

“Kami belum tahu sama sekali bagaimana hasilnya, karena data itu masih berada di Puspendik,” urainya.

Sementara itu, Roby Hermawan salah satu SMP PGRI mengaku cemas menjelang pengumuman kelulusan tersebut. Bahkan kekhawatiran tersebut, melebihi saat pelaksanaan ujian nasional beberapa waktu lalu.

“Yang jelas takut dan cemas sekali. Karena bagaimana kalau tidak lulus,” katanya.

Bahkan, dirinya juga tidak enak makan dan tidur. Yang ada di benaknya hanya pikiran tentang kelulusan tersebut. Meksipun saat UN lalu, dirinya sudah berusaha maksimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s