Perlu Waktu 4 Tahun Muluskan Jalan

Posted: February 12, 2011 in Berita

BANJARMASIN, BPOST-Harapan warga HKSN untuk segera menikmati jalan yang mulus harus rela sabar. Karena, untuk melicinkan jalan yang ada di kota Banjarmasin sepanjang 150 kilometer, dinas pekerjaan umum (PU) memerlukan waktu sekitar empat tahun.

Mengingat anggaran untuk perbaikan jalan, setiap tahunnya rata-rata hanya Rp 15 Miliar dari total biaya sebesar Rp 42 Miliar untuk bisa membuat jalan kota itu mulus.

Dari pantauan BPost, Jalan Perdagangan yang menghubungkan kompleks perumahan HKSN tersebut kondisinya kian parah. Selain lubang berdiameter sekitar 50 sentimeter menghiasi jalan tersebut, beberapa ruas jalan juga sering terendam air.

Padahal, jalan tersebut merupakan jalur utama masyarakat yang tinggal di perumahan itu. Tak ayal setiap pagi, khususnya waktu aktifitas kawasan itu padat dipenuhi kendaraan bermotor maupun mobil para warga yang tinggal di perumahan tersebut.

“Jalan ini umurnya sekitar 4 tahun saja, tapi rusaknya sudah parah sekali,” kata nyonya Diana.

Akibat banyak jalan yang berlubang tersebut, sering kali membuat ban kendaraannya bocor. Karena, saat melintas berpapasan dengan mobil maupun kendaraan lain, tidak ada pilihan kecuali terpaksa harus menerjang lubang tersebut.

“Bagaimana ban kendaraan tidak hancur, karena sering masuk dalam lubang itu,” keluhnya.

Sementara itu, Kabid bina marga dinas pekerjaan umum (PU) kota Banjarmasin, Gusti Ridwan saat ditemui di Balai Kota mengakui, anggaran untuk perbaikan jalan kota belum sebanding dengan jumlah jalan yang harus diperbaiki.

“Besar anggaran untuk perbaikan setiap tahunnya beragam. Dan jumlahnya tidak sebanding dengan kondisi jalan yang harus diperbaiki,” terangnya.

Anggaran untuk perbaikan jalan tahun 2006 lalu hanya sbesar Rp 6 Miliar, tahun 2007 sebesar Rp 9 Miliar, tahun 2008 Rp 12 Miliar, tahun 2009 sebesar Rp 25 Miliar dan tahun 2010 ini sebesar Rp 17 Miliar.

Sedangkan jalan kota Banjarmasin yang harus diperbaiki sepanjang 150 kilometer, yang memerlukan biaya sebesar Rp 42 Miliar. Namun, anggaran yang tersedia hanya sedikit.

“Jika dihitung-hitung, untuk memuluskan jalan ini perlu waktu sekitar 3 sampai 4 tahun,” tegasnya.

Akibatnya, penanganan perbaikan jalan tersebut mengalami kendala. Karena, bina marga memperhatikan faktor kerusakan yang paling parah terlebih dahulu.

Tak ayal, permohonan masyarakat agar jalan yang ada di kampungnya untuk diperbaiki hingga saat ini mencapai 300 permohonan lebih. Namun, pihaknya tidak bisa banyak berbuat karena keterbatasan anggaran tersebut.***

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s