Renovasi Ujung Murung Usulan Pedagang

Posted: February 12, 2011 in Berita

– Pemko takut menimbulkan masalah baru

BANJARMASIN, BPOST-Wacana renovasi Pasar ujung Murung yang terus bergulir, merupakan usulan para pedagang yang mengais rezeki di pasar legendaris di kota Banjarmasin tersebut. Mereka mengaku ‘terusik’ dengan kondisi pasar yang semakin memprihatinkan tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala dinas tata kota dan perumahan, Hamdi. Menurutnya, para pedagang mengusulkan rencana perbaikan pasar tersebut kepada pemko dan sekaligus melakukan ekspos terhadap model bangunan yang diharapkan.

“Itu murni usulan para pedagang, yang merasa tidak nyaman lagi berusaha di tempat itu karena kondisinya sudah tidak layak lagi,” katanya.

 

Lebih lanjut dia mengatakan, pemko Banjarmasin tidak berani melakukan renovasi bangunan tersebut karena khawatir menimbulkan masalah hukum dikemudian hari.

Mengingat, bangunan tersebut ada yang memiliki izin mendirikan bangunan (IMB), Hak Guna Usaha (HGU), Hak Guna Bangunan (HGB), sertifikat hak milik maupun menempati lahan milik pemko Banjarmasin.

“Kalau memaksa merenovasi pasar itu, pemko akan berlawanan dengan hukum. Dan otomatis akan menimbulkan masalah lagi,” urainya.

Lantaran para pedagang yang mengusulkan renovasi tersebut, maka pemko akan mengkaji rencana tersebut. Apalagi, para pedagang juga sudah menawarkan ivestor yang akan membangun pasar tersebut seperti pusat grosir.

Hamdi juga berharap, agar para pedagang memiliki tujuan yang sama. Sehingga akan memudahkan proses renovasi dan pemberian izin atas bangunan tersebut.

Terkait, status bangunan tersebut dinas pengelolaan pasar saat ini masih melakukan identifikasi untuk mengetahui jumlah bangunan yang bersertifikat, HGB, HGU maupun yang hak milik para pedagang itu sendiri.

“Kami bersama petugas masih melakukan pendataan status bangunan itu,” kata kepala dinas pengelolaan pasar, Sukadani.

Menurutnya, pendataan tersebut bisa selesai akhir Mei ini. Dengan begitu, bisa diketahui berapa banyak bangunan yang bersertifikat maupun yang berstatus HGB, IMB maupun sejenisnya.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s