Waterfront City Bakal Bertambah

Posted: February 12, 2011 in Berita

– Juli Siring Ujung Murung rampung

BANJARMASIN, BPOST-Lokasi wisata air (waterfront city) di kota Banjarmasin sebentar lagi bertambah. Karena proses pembangunan Siring Sungai Martapura di kawasan Pasar Ujung Murung, Juli mendatang dipastikan rampung.

Hal itu diungkapkan Kepala dinas pengelolaan sungai dan drainase kota Banjarmasin, Muryanta. Keberadaan siring tersebut bakal menambah tempat bersantai warga Banjarmasin, yang selama ini hanya mengandalkan keberadaan siring yang berada di Jalan Jenderal Sudirman.

“Insa Allah, Juli nanti pengerjaannya sudah selesai. Sehingga warga bisa memanfaatkan siring itu untuk santai bersama keluarga,” terangnya.

Target penyelesaian siring tersebut, lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan dalam kontrak Desember nanti. Karena, cuaca yang sangat mendukung sehingga mempercepat proses pengerjaan.

Dari pantauan BPost, saat proses pengerjaan siring sepanjang 130 meter yang menelan biaya sebesar Rp 3 Miliar itu yang berada di kawasan Pasar Ujung Murung itu sedang pengecoran.

Bahkan, pagar yang akan menjadi aksesoris siring tersebut juga sudah selesai dikerjakan dan tinggal memasang. Karena proses pengerasan di bantaran sungai tersebut juga hampir rampung.

Puluhan pekerja dibantu dengan alat berat, bekerja keras untuk merampungkan pengerjaan pembangunan tersebut. Pemasangan tiang pancang dan gempuran ombak sungai juga hampir selesai.

Dengan penyelesaian pengerjaan siring tersebut, konsentrasi tempat santai tidak hanya di Siring Sudirman saja. Tapi juga langsung bisa memanfaatkan bangunan tersebut yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan.

Masih menurut Muryanta, desain siring tersebut tidak berbeda jauh dengan siring yang ada di Jalan Sudirman. Bangunan tersebut terbuat dari beton cor, yang diberi pagar besi sebagai pengaman warga yang ingin berantai bersama keluarga.

“Ya mirip siring yang ada, selain untuk duduk menghadap ke sungai juga dilengkapi pagar besi biar nyaman saat bersantai,” tukasnya.

Selama ini keberadaan siring sungai tersebut sangat bermanfaat. Selain untuk menangkal abrasi juga menjadi tempat santai masyarakat. Mengingat, keberadaan ruang santai di kota seribu sungai ini sangat minim.

Tak ayal, keberadaan Siring Sudirman yang dibangun pemprov Kalsel tahun 2006 lalu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Selain menjadi pusat santai, beragam kegiatan anak-anak muda terpusat di kawasan tersebut.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s