40 Peti Masih Bebas Beroperasi

Posted: April 14, 2011 in Berita

40 Peti Masih Bebas Beroperasi

BANJARMASIN-Penertiban tambang tanpa izin alias Peti di Kalimantan Selatan belum berjalan menyeluruh. Diduga sebanyak 40 Peti di kabupaten Tanahlaut dan Tanahbumbu, hingga kini maish bebas beroprasi. Bahkan kendaraan pengangkut emas hitam bebas melintas di jalan raya.

Hal itu diungkapkan Kabid monitoring dewan pimpinan provinsi, Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara Republik Indonesia (LPPRNI) Kalsel, Zainudin Noor. Berdasarkan hasil investigasi pihaknya di dua kabupaten tersebut, menemukan 40 peti yang masih beroperasi.

“Di Tanahlaut ada 20 tambang dan di Tanahbumbu juga ada 20 tambang yang diduga ilegal dan sampai saat ini masih beroperasi,” ujarnya di PN Banjarmasin, Selasa (8/2) pagi.

Adapun beberapa daerah yang ada kegiatan pertambangan tersebut, diantaranya di daerah Serindai dan Pandansari di kabupaten Tanahlaut, serta di desa Sungai Dua di kabupaten Tanahbumbu.

Parahnya lagi, armada pengangkut hasil tambang bebas menggunakan jalan provinsi untuk menuju stokcpile maupun pelabuhan. Padahal, sesuai Perda nomor 3 tahun 2008 armada pengangkut hasil tambang maupun sawit tidak boleh lagi menggunakan jalan provinsi.

Mereka harus membuat jalan khusus pengangkut hasil tambang maupun hasil kebun. Dengan harapan tidak menganggu aktifitas masyarakat, yang menggunakan jalan raya tersebut.

“Truk-truk mereka dengan bebas melintas di jalan provinsi. Makanya ini pemandangan yang sangat aneh tapi nyata,” cetusnya.

Para pelaku penambangan tanpa izin tersebut menggunakan beragam peralatan. Mulai excavator hingga manual, untuk mengupas lapisan tanah setebal 4 hingga 6 meter untuk mencapai emas hitam tersebut.

Anehnya lagi, pemilik lahan tersebut terkesan membiarkan saja. Padahal aktifitas pertambangan tersebut, jelas tidak mengantongi izin dari pemerintah.

“Kami berharap ada penertiban Peti secara menyeluruh, termasuk penegakan hukumnya,” pinta Zainudin.***

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s