Bahan SIM Habis, Ratusan Pemohon Menumpuk

Posted: April 15, 2011 in Berita

Kade: Pengiriman terganggu cuaca buruk  

BANJARMASIN-Raut kebingungan menghiasi wajah puluhan warga yang memenuhi loket pembuatan SIM di Polresta Banjarmasin, Selasa (1/2) siang. Para calon pembuat SIM tersebut bingung, setelah diberitahu pelaksanaan foto SIM ditunda hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

Selama ini, proses pembuatan SIM tersebut sehari selesai. Karena setelah mengikuti ujian tulis dan praktik, para pemohon langsung diambil fotonya.Dalam hitungan beberapa menit, kepingan surat izin mengemudi tersebut langsung rampung.

“Saya bingung, biasanya sehari selesai. Ujian tulis dan praktik sudah dan lulus. Katanya petugas fotonya menunggu pengumuman karena bahan SIM habis,” ujar salah seorang pemohon SIM, Nurhayati.

Dia salah satu dari ratusan pemohon SIM di Sat Lantas Polresta Banjarmasin, yang harus sabar menunggu datangnya pengiriman bahan SIM tersebut.

Sejak Jumat (28/1) kemarin, pelaksanaan foto SIM ditunda dengan alasan bahan baku SIM tersebut habis. Hingga kini order barang dari Jakarta juga belum datang.

Akhirnya, petugas memasang pengumuman di loket antrian pendaftaran pembuatan SIM tersebut. Dalam selembar kertas yang ditempel di kaca tersebut, tertuang bahan baku SIM habis sehingga pelaksanaan foto ditunda hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

Dengan harapan para pemohon tidak cemas lagi. Karena meski pelaksanaan foto ditunda sampai bahan baku SIM datang, pelayanan permohonan pembuatan SIM seperti ujian tulis dan praktek tetap dilasanakan.

Tak heran, antrian warga yang ingin mendapatkan SIM masih memenuhi loket dan ruang tunggu. Mereka rela sabar hingga bahan dasar SIM tersebut tiba.

“Kalau pendaftaran pembuatan SIM tetap berjalan seperti biasa. Cuma fotonya saja yang ditunda karena harus menunggu bahan SIM datang,” ujar Kanit Regident Sat Lantas Polresta Banjarmasin, Iptu Religia Faradikta.

Ditanya jumlah pemohon yang masih menunggu foto, menurutnya ratusan warga. Karena setiap harinya, rata-rata pemohon pembuatan SIM mencapai 100 orang. Bahkan bisa lebih dari jumlah tersebut.

Jika dihitung sejak terjadinya gangguan pembuatan itu Jumat (28/1) hingga kemarin, diperkirakan mencapai 400 pemohon. Karena pihaknya harus menunggu datangnya order dari Jakarta.

Sementara itu, Kasat Lantas Polresta Banjarmasin Kompol I Kade Utama Sik saat dihubungi mengatakan, kejadian itu karena keterlambatan pengiriman yang dikarenakan cuaca buruk.

Bahan dasar tersebut, harus didatangkan pihaknya langsung dari Mabes Polri. Diperkirakan saat ini, barang tersebut dalam perjalanan menuju Kalsel untuk memenuhi keperluan permohonan SIM sejumlah Polres di Banua ini.

“Sebelum habis kemarin kami sudah order. Katanya ada gangguan cuaca buruk, makanya datangnya terlambat,” urainya.

Ditanya soal kebijakan jika terjaring razia, Kade yang saat itu sedang rapat di Polda Kalsel meminta agar menanyakan langsung ke Dir Lantas Polda Kalsel.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s