Bentuk Tim Investigasi Senjata

Posted: April 15, 2011 in Berita

– Seluruh senjata didata ulang

BANJARMASIN-Raibnya sepucuk senjata laras panjang jenis V-2 di gudang penyimpanan Sat Shabara Polresta Banjarmasin, hingga kini belum ada titik terang. Untuk melacak keberadaan senjata serbu itu, petugas membentuk tim investigasi yang dipimpin Wakapolresta, AKBP Yoga Pranata.

Hal itu diungkapkan Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Hilman Thayib saat ditemui usai melantik dua pejabat di lingkungan Mapolresta, Jumat (18/2) siang. Menurutnya, saat ini tim investigasi yang dibentuk sedang melakukan pelacakan terkait raibnya senjata tersebut.

“Tim masih bekerja dan melacak keberadaan senjata tersebut. Silakan tunggu saja hasilnya,” ujar Hilman.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dugaan raibnya sepucuk senjata laras panjang milik Sat Shabara tersebut sebelum dirinya menjabat Kapolresta Banjarmasin.

Namun kejadian tersebut baru terkuak, awal Februari lalu. Meski begitu, dirinya berusaha melakukan pelacakan untuk mengetahui keberadaan senjata tersebut dan bisa menemukan kembali agar tidak sampai jatuh ke tangan orang yang tidak betanggung jawab.

“Kejadian itu sudah lama, sebelum saya bertugas disini sudah hilang. Tapi ketahuannya setelah ada pendataan,” terangnya.

Dia menduga jajarannya merasa ketakutan utuk melaporkan peristiwa tersebut, lantaran bakal mendapatkan sanksi disiplin. Sehingga para anggota tersebut lebih memilih bungkam.

Tim investigas tersebut, selain melacak satu senjata yang diduga hilang tersebut, juga melakukan pendataan seluruh senjata baik yang ada di lingkungan Mapolresta maupun di Polsekta.

Termasuk mencocokkan data semua senjata berdasarkan jenis. Karena pihaknya memiliki data jenis dan jumlah senjata, berikut petugas yang bertanggung jawab.

“Disini datanya kan ada, jenis senjata dan siapa yang memegang. Dengan begitu nanti akan kelihatan,” tegasnya.

Hilangnya satu pucuk senjata laras panjang yang bisa digunakan untuk pengawalan tersebut, mencuat awal Februari lalu. Kejadian tersebut langsung membuat bingung para petugas.

Bahkan Propam Polda Kalsel, langsung melakukan pemeriksaan kepada beberapa petugas Polresta Banjarmasin yang diduga bertanggung jawab terhadap senjata tersebut.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s