Bos Sabu Tertangkap di Dapur

Posted: April 15, 2011 in Berita

– Bersama tiga pengedar

– Ditemukan 10 gram sabu

BANJARMASIN-Upaya Rahmatullah (28), melarikan diri dari kejaran petugas tidak membuahkan hasil. Warga Kelayan B RT15 nomor 13 Banjarmasin itu, berhasil ditangkap jajaran unit II Sat Narkoba Polresta Banjarmasin di dapur rumahnya, Sabtu (12/2) pukul 19.00 Wita.

Selain mengamankan bapak dua anak itu, petugas juga berhasil menemukan dua kantong plastik berisi sabu seberat 10 gram dan timbangan digital yang diduga digunakan untuk menimbang barang haram tersebut.

Penangkapan Rahmatullah yang dipimpin langsung Kanit II Sat Narkoba, Iptu Andre Hutagalung itu merupakan pengembangan dari penangkapan tiga orang yang diduga kurir peredaran narkoba di bawah kendali tersangka yang berhasil diamankan satu jam sebelumnya.

Ketiga tersangka antara lain, Susiwan (31) warga Tanjung Harapan Gang Keluarga RT10, Kaspul Anwar (29) warga Teluk Tiram Darat Gang Gusti, dan Wahyudi (33) warga Tanjung Berkat RT18 yang ditangkap di rumah Sisiwan saat transaksi narkoba dengan barang bukti satu paket sabu.

Dalam pengakuannya, barang haram tersebut hendak dijual kepada seorang pemesan yang telah menunggu di rumah Susiwan dengan harga Rp 250 ribu.

“Rencananya mau dijual, cuma pemesannya belum datang. Tapi Polisi sudah daang lebih dulu,” ujar Susiwan.

Dirinya mendapatkan barang tersebut dari Rahmatullah, dan mendapatkan upah dari penjualan barang tersebut. Kemudian upah tersebut bakal dibagi bertiga.

Saat itu Susiwan mendapatkan pesanan sabu dari seseorang. Kemudian dia menghubungi Kaspul Anwar agar mencarikan barang tersebut. Ternyata Kaspul mencarikan barang itu ke tempat Wahyudi.

Dirinya menekuni bisnis tersebut sebagai sampingan, untuk tambahan mencukupi keperluan hidup sehari-hari dari penghasilan sebagai buruih angkut dan buruh bangunan.

Begitu juga dengan Rahmatullah, barang tersebut milik temannya. Dirinya hanya menjualkan sabu seharga lenbih Rp 10 juta tersebut jika ada pesanan, dari orang maupun temannya.

“Saya juga hanya menjualkan saja. Karena ada pesanan, jadi ya diantar ke rumah sebanyak itu,” timpal Rahmatullah.

Sementara itu, Kasat Narkoba Polresta Banjarmasin, Kompol Christian Rony mengatakan, penangkapan itu berawal informasi masyarakat adanya transaksi narkoba di sebuah rumah di kawasan Tanjung Harapan Teluk Tiram.

Saat petugas mendatangi lokasi, ada tiga tersangka yang diduga usia melakukan transaksi. Karena petugas menemukan satu paket sabu. Dari pengakuan mereka, barangtersebut dari temannya bernama Rahmatullah.

“Kemudian dikembangkan ke rumah Rahmatullah. Saat petugas datang, dia berusaha kabur. Masih sampai di dapur berhasil ditangkap dan ditemukan sabu Rp 10 gram,” katanya.

Saat itu, petugas juga menemukan pesan singkat dari Rahmatullah yang menanyakan soal penjualan sabu tersebut. Sehingga dugaan petugas semakin kuat mengarah kepada tersangka.

Keempat tersangka dijerat dengan pasal 114 Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika, dengan ancaman hukuman minimal 6 tahun penjara maksimal 20 tahun.***

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s